Jelang HUT ke-77, Napak Tilas Sejarah Singkat Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:08 WIB
Jelang HUT ke-77, Ingat Lagi Sejarah Singkat Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 (dok, arsip nasional)
Jelang HUT ke-77, Ingat Lagi Sejarah Singkat Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 (dok, arsip nasional)

Koranmemo.com - Menjelang HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus, ini waktunya bagi kita untuk mengingat lagi sejarah kemerdekaan Indonesia. Bukan hanya untuk pelajar saja, namun semua masyrakat Indonesia perlu tahu bagaimana perjuangan pahlawan untuk merebut kemerdekaan. 

Sejarah kemerdekaan Indonesia menyebutkan, Indonesia dijajah lebih dari 3,5 abad atau 350 tahun. Diawali oleh Bangsa Eropa kemudian setelah perang dunia pertama, berganti penjajahan Jepang

Untuk mengetahui sejarah Kemerdekaan Indonesia, koranmemo.com sudah merangkumnya mulai dari awal mula masuknya penjajah ke Indonesia, hingga ke hari Soekarna-Hatta memproklamirkan kemerdekaan bangsa ini. 

Baca Juga: 25 Kuliner Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Coba, Mulai dari Rawon Sampai Menjes Malang

Masuknya Bangsa Asing ke Indonesia

Jika dirunut lagi ke awal mula masuknya bangsa asing terutama Bangsa Eropa ke Indonesia, pemicu utamanya adalah rempah-rempah. Di sekitar abad ke-15, rempah-rempah memilki nilai jual yang sangat tinggi. Akibatnya, banyak Bangsa Eropa yang berbondong-bondong datang ke kawasan Indonesia khususnya di Maluku.

Bangsa Eropa yang pertama kali tiba di Indonesia adalah dari Portugis. Mereka melakukan manipulasi perdagangan sehingga bisa mendapatkan rempah-rempah dengan harga murah yang dijual lagi dengan harga tinggi. Saat itu, sudah banyak pribumi yang melakukan perlawanan. 

Tidak lama kemudian, Bangsa Eropa lainnya, yakni dari Belanda, datang ke Indonesia. Awalnya kedatangan mereka disambut dengan baik. Mereka juga memberikan harga yang masuk akal untuk rempah-rempah yang mereka beli.

Baca Juga: 30 Download Background Hari Pramuka 14 Agustus 2022, Bagikan ke Seluruh Media Sosial

Namun lama kelamaan Belanda yang datang ke Indonesia menjadi semakin serakah. Mereka bukan hanya ingin membeli, namun juga ingin menguasai. Saat itu banyak warga lokal yang dipaksa menjual rempah-rempahnya atau bahkan langsung merebutnya begitu saja. 

Halaman:

Editor: Della Cahaya P.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Mitos Jawa yang Masih Dipercaya Sampai Sekarang

Minggu, 15 Januari 2023 | 17:47 WIB
X