• Kamis, 1 Desember 2022

Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta, Pahlawan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:19 WIB
Soekarno-Hatta terpaksa mengikuti kemauan para pemuda, agar segera mengumumkan Proklamasi RI 17 Agustus 1945, setelah diawali ketegangan dan berujung pencullikan (dok, arsip nasional)
Soekarno-Hatta terpaksa mengikuti kemauan para pemuda, agar segera mengumumkan Proklamasi RI 17 Agustus 1945, setelah diawali ketegangan dan berujung pencullikan (dok, arsip nasional)

Koranmemo.com - Tanggal 17 Agustus nanti Bangsa Indonesia akan memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Di tanggal tersebut, 77 tahun silam 2 proklamator kita, atas nama Bangsa Indonesia, membacakan teks proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka adalah Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta atau yang akhirnya lebih akrab disebut Bung Karno dan Bung Hatta. 

Dua orang tersebut akhirnya diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama Republik Indonesia. Nama dan wajah Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta diabadikan di berbagai tempat, bahkan mata uang Rupiah, berkat jasa mereka dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia

Selain itu, mereka juga mendapat sebuatan sebagai pahlawan proklamator. Tapi selain beberapa fakta yang disebutkan di atas, apakah kamu sudah mengenal sosok Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta? Menjelang tanggal 17 Agustus, sebagai bentuk apresiasi terhadap para pahlawan proklamtor ini, yuk kita mengenal lebih dalam tentang mereka.

Baca Juga: Selama Juli 2022, Polres Pasuruan Tangkap 21 Tersangka Narkoba

1. Ir. Soekarno atau Bung Karno

Ir. Soekarno adalah tokoh yang dikagumi oleh banyak orang karena kepiawaiannya dalam memimpin. Tidak hanya cekatan dalam mengambil keputusan, Ir. Soekarno juga dikenal karena pidatonya yang selalu mampu mengobarkkan semangat Bangsa Indonesia, terutama ketika mereka sedang berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan. 

Ir. Soekarno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901. Dia lahir dengan nama Koesno Sosrodihardjo. Setelah adanya politik balas budi dari Belanda, Ir. Soekarno bisa terus bersekolah dan menyelesaikan pendidikannya di Technische Hoogeschool (THS) Bandung.

Selain dikenal cerdas, Ir. Soekarno juga dikenal sebagai polyglot karena kemampuannya dalam memahami berbagai bahasa.

Baca Juga: 4 Zodiak yang Cocok Jadi Soulmate Aquarius, Apakah Kamu Termasuk?

Orang tua Ir. Soekarno bernama Ida Ayu Nyoman Rai, seorang wanita yang tangguh dan teguh terhadap pendiriannya. Sedangkan sang ayah bernama Soekemi Sosrodihardjo, seorang guru yang hidup dengan pikiran terbuka.

Halaman:

Editor: Della Cahaya P.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X