Gempa Sering Terjadi, Ramalan Jayabaya Bikin Ngeri: Jawa Terbelah Menjadi Dua?

- Kamis, 8 Desember 2022 | 12:22 WIB
Benarkah ramalan Jayabaya mengenai Jawa terbelah menjadi dua akan terjadi? Inilah penjelasannya yang berkaitan dengan Gunung Slamet (Youtube/AliqulChannel)
Benarkah ramalan Jayabaya mengenai Jawa terbelah menjadi dua akan terjadi? Inilah penjelasannya yang berkaitan dengan Gunung Slamet (Youtube/AliqulChannel)

Koranmemo.com - Indonesia akhir-akhir ini sering terjadi gempa di beberapa wilayah, mengingat fenomena ini. Terlintas Ramalan Jayabaya yang pernah mengatakan wilayah Jawa terbelah menjadi dua.

Jayabaya merupakan seorang Raja Panjalu yang memerintah wilayah Kediri sekitar tahun 1135 – 1159, banyak yang beranggapan setelah kepergiannya beberapa ramalan yang berkaitan dengan Indonesia benar terjadi.

Dalam Ramalan Jayabaya, dia pernah menyebutkan bahwa Jawa terbelah menjadi dua pada suatu hari. Tapi apakah hal tersebut berkaitan dengan gempa yang sering terjadi belakangan ini?

Menurut Ramalan Jayabaya, selain Jawa terbelah menjadi dua, Pulau Jawa juga akan muncul gunung baru di wilayah Jawa Timur.

Baca Juga: Resep Bakmoy Sapi ala Chef Devina Hermawan, Sedap dan Gurih dengan Siraman Kuah Kaldu Sapi

Dilansir dari kanal Youtube Aliqul Channel, Joyoboyo pernah mengatakan “Nugel Tanah Jowo, Kaping Pindo” (mematahkan jawa untuk yang kedua kali).

Ramalan Raja Kediri memang tidak begitu jelas maknanya, karena dikemas dengan syair dan penuh teka-teki sehingga penafsirannya akan berbeda.

Namun dibalik semua itu, ramalan Jawa terbelah menjadi dua adalah topik hangat yang selalu diperbingkan masayarakat.

Ramalanya itu tercatat dalam Kitab Jangka Jayabaya bait 164 yang bertuliskan *Suatu saat Pulau Jawa akan terpotong menjadi dua.”

Baca Juga: Sejumlah Rumah Roboh dan Rusak Akibat Gempa dengan Magnitudo 6.1 di Sukabumi Jawa Barat

Halaman:

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Mitos Jawa yang Masih Dipercaya Sampai Sekarang

Minggu, 15 Januari 2023 | 17:47 WIB
X