• Senin, 29 November 2021

Bapak Anak di Gresik Ini Kompak Edarkan Upal

- Selasa, 16 Juni 2020 | 20:37 WIB
Bapak Anak di Gresik Ini Kompak Edarkan Upal
Bapak Anak di Gresik Ini Kompak Edarkan Upal

Gresik, koranmemo.com - Dugaan produksi dan peredaran uang palsu (upal) 4 pelaku berhasil dibekuk Satreskrim Polres Gresik. Dari ke 4 pelaku, 2 diantaranya merupakan bapak dan anak.


Masing-masing 4 tersangka yakni, Arief Aryuanda Suharsono (25), Eko Sukarno (50) warga Desa Bakalan, Balongbendo, Sidoarjo, dan Nazamuddin Arief (48), warga Desa Pucanganom, Kebonsari, Madiun, beserta Cahyo Widodo (49), warga Dusun Bulusari Selatan, Tarokan, Kabupaten Kediri.


Kapolres Gresik AKBP Arief Fitriyanto, S.H., S.I.K., M.M menjelaskan, terbongkarnya sindikat pengedar upal awal mulanya berkat laporan seorang pemilik warung berada di wilayah Driyorejo mendapati adanya upal pecahan 100 ribu rupiah. Kemudian, laporan dari seorang itu menyebutkan telah mendapatkan upal dari seorang pembeli atau tersangka Arief Aryuanda.


"Laporannya saat itu berada di Mapolsek Driyorejo Gresik, dan mengetahui kejadian ini anggota menyelediki bersama Tim Satreskrim Polres Gresik, hingga tersangka Aryuanda dapat kami tangkap," ungkapnya, Selasa (16/6).


Dikatakan setelah tertangkap tersangka Aryuanda, penyidik mengembangkan dan meringkus tersangka Eko Sukarno yang tak lain ayah kandung tersangka Aryuanda. Selanjutnya, hasil interogasi tersangka Eko mengakui telah membeli upal kepada Nazamuddin. "Seketika dilakukan penyergapan ke rumah tersangka Nazamuddin saat digeledah berhasil menyita upal pecahan 100 ribu jumlah Rp.14 juta," jelasnya.


Tak sampai disitu, sambung AKBP Arief petugas mengembangkan tersangka Nazamuddin dan mengakui memperoleh upal yang diproduksi oleh tersangka Cahyo Widodo. "Petugas menangkap tersangka Eko dirumahnya dengan menyita upal puluhan juta rupiah," imbuh Mantan Kapolres Ponorogo.


Ditambahkan untuk total barang bukti upal yang disita antara lain, pecehan 100 ribu dengan jumlah Rp13 juta dari tersangka Eko, dan 14 juta rupiah dari tersangka Nazamuddin, hingga turut disita uang pecahan asli sejumlah Rp.3,5 juta rupiah, berikut alat pencetak upal, printer, alat sablon, cat, hingga kertas," pungkasnya.


Reporter M Fauzi
Editor Achmad Saichu

Editor: Koran Memo

Terkini

Selama PPKM, Angka Kecelakaan di Gresik Turun

Rabu, 4 Agustus 2021 | 20:53 WIB

Kapolda Jatim Cek Vaksinasi Merdeka di Atas Kapal

Selasa, 3 Agustus 2021 | 12:50 WIB

Bapak Anak di Gresik Ini Kompak Edarkan Upal

Selasa, 16 Juni 2020 | 20:37 WIB

Selama 1 Bulan, Polres Gresik Ungkap 10 Kasus Narkoba

Jumat, 11 Oktober 2019 | 15:14 WIB

Selundupkan Ganja di Rutan, Pengunjung Dibekuk

Kamis, 21 Juni 2018 | 12:00 WIB
X