• Rabu, 8 Desember 2021

Pertama Kali, Kolaborasi Jaranan Turonggo Yakso dengan Musik Jazz

- Minggu, 8 Desember 2019 | 08:46 WIB
IMG_20191208_084416
IMG_20191208_084416

Trenggalek, Koranmemo.com - Musik tradisional dan kesenian jaranan Turonggo Yakso khas Trenggalek berpadu dengan musik jazz, sebuah aliran musik dari Amerika Serikat dalam pentas Turonggo Yak Jazz di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Sabtu (7/12) malam. Kolaborasi dua aliran musik yang berbeda ini merupakan yang pertama kalinya dihelat di Trenggalek, bahkan di tingkat dunia.


Turonggo Yak Jazz, atau kolaborasi antara kesenian khas Bumi Menak Sopal sebutan lain Kabupaten Trenggalek dengan salah satu aliran musik dari Negeri Paman Sam diselenggarakan untuk mengenalkan Turonggo Yakso ke kancah dunia. “Musik Jazz sudah mendunia dan kami ingin Turonggo Yakso di kenal dunia,” kata Kepala Disparbud Trenggalek, Sunyoto.


Kolaborasi ini diharapkan menjadi jembatan untuk mengenalkan kearifan lokal sekaligus budaya di Trenggalek, serta potensi unggulan wisatanya. Kolaborasi ini diharapkan mampu mengangkat Trenggalek ke tingkat dunia. “Kesenian tidak boleh berhenti berkreasi dan berinovasi. Mungkin ini yang pertama kalinya di dunia, karena yang punya Turonggo Yakso kita (Trenggalek),” jelasnya.


Main bareng atau ngejam dua jenis musik dalam satu panggung tersebut sukses membius khalayak. Gerak energik para penari jaranan yang biasanya diiringi musik tradisional, terlihat berbeda dengan perpaduan musik jazz. Ini menjadi salah satu cara Trenggalek menjawab tantangan era revolusi 4.0 di era modern. “Termasuk kesenian,” kata istri Bupati Trenggalek, Novita Hardini.


Dengan adanya pentas Turonggo Yak Jazz ini, lanjut Novita, sekaligus bakal membuka ruang bagi pencinta musik jazz di Trenggalek. Pentas tersebut di ikuti para musisi jazz lokal hingga ibu kota. “Harapannya kesenian dan budaya Trenggalek semakin terangkat. Ini sekaligus cara kami mengenalkan potensi yang ada (di Trenggalek), diantaranya melalui kegiatan ini,” pungkasnya.


Turonggo Yak Jazz mengolaborasikan para pelaku seni dari berbagai kelompok di Trenggalek dengan para musisi jazz yang berasal dari berbagai daerah, diantaranya Surabaya hingga Jakarta. Puncak pentas pagelaran budaya yang dikemas dengan kolaborasi musik jazz juga menghadirkan band ibu kota Bagindas (D'Bagindas).




Reporter Angga Prasetiya





Editor Achmad Saichu



Editor: Koran Memo

Terkini

Daftar Lengkap Pemenang Asia Artist Awards (AAA) 2021

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:51 WIB

Kim Jae Hwan Rilis Mini Album Keempat 27 Desember!

Rabu, 1 Desember 2021 | 09:45 WIB

Eternals dari MCU Bakal Tayang di Disney+ Januari 2022

Senin, 29 November 2021 | 15:14 WIB
X