• Rabu, 8 Desember 2021

Asal Usul Penggunaan Warna Merah dan Angpao saat Imlek

- Kamis, 23 Januari 2020 | 14:32 WIB
Asal Usul Penggunaan Warna Merah dan Angpao saat Imlek
Asal Usul Penggunaan Warna Merah dan Angpao saat Imlek

Koranmemo.com - Perayaan tahun baru cina atau yang biasa disebut imlek, adalah momen yang banyak dinanti. Perayaan imlek pasti tidak lepas dari warna merah, mulai dari lentara, amplop, hingga pakaian biasanya akan mengandung unsur warna merah. Tradisi yang sudah berlangsung lama ini ternyata memiliki kisah dibaliknya.


Penggunaan warna merah erat kaitannya dengan legenda tentang Nian. Nian adalah binatang buas berbentuk setengah banteng dengan kepala singa dan akan meneror penduduk desa di Tahun Baru. Nian akan memakan tanaman, ternak, dan bahkan anak-anak pada saat tahun baru.


Nian memiliki kelemahan terhadap tiga hal, api, kebisingan, dan warna merah. Penduduk desa yang mengetahui hal tersebut akhirnya dapat mengalahkan Nian. Sejak saat itu, warga menganggap warna merah dianggap membawa keberuntungan dan nasib baik bagi semua.


”Lentera merah biasanya digantung di luar pintu untuk menangkal nasib buruk, selain itu hiasan dari kertas berwarna merah juga digantung di dinding untuk menyambut imlek,” ujar Karen Katz, penulis buku bergambar dengan judul My First Chinese New Year dikutip dari Reader’s Digest.


Tahun baru cina juga dibarengi dengan tradisi bagi-bagi uang yang ditaruh amplop berwarna merah atau yang biasa disebut angpao. Kebiasaan ini telah ada sejak zaman dahulu, terdapat beberapa variasi mengenai asal-usul tradisi ini. Menurut Universitas California, salah satu yang populer adalah legenda seorang anak yatim piatu pada Dinasti Sung.


Anak yatim piatu tersebut berhasil memenangkan pertempuran melawan iblis besar yang meneror desa Chain-Chieu menggunakan pedang ajaib. Padahal semua pahlawan besar pada masa itu gagal mengalahkan iblis tersebut. Sebagai hadiah, para tetua desa memberi anak itu sebuah amplop merah penuh uang.


Meskipun kita tidak mengetahui bagaimana tradisi ini berasal, kita dapat mengamati banyak perbedaan yang terjadi hari ini dari tradisi lama. Pemberian uang amplop merah sekarang menjadi komponen inti dari perayaan Tahun Baru Imlek.


Sebagian besar narasumber umumnya setuju bahwa tradisi amplop merah biasanya dikaitkan dengan makan malam keluarga yang berlangsung pada malam Tahun Baru Imlek. Menurut salah satu narasumber, anak-anak dikeluarganya harus terlebih dahulu mengucapkan selamat tahun baru dengan kepala sedikit membungkuk sebelum mendapatkan amplop tersebut.


Reporter: Ahmad Bayu Giandika

Halaman:

Editor: Koran Memo

Terkini

Daftar Lengkap Pemenang Asia Artist Awards (AAA) 2021

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:51 WIB

Kim Jae Hwan Rilis Mini Album Keempat 27 Desember!

Rabu, 1 Desember 2021 | 09:45 WIB

Eternals dari MCU Bakal Tayang di Disney+ Januari 2022

Senin, 29 November 2021 | 15:14 WIB
X