• Kamis, 20 Januari 2022

Tim Dinkes Provinsi Jatim Dikabarkan Datangi RS PMC Jombang

- Senin, 10 Agustus 2020 | 18:20 WIB
F-RS 1
F-RS 1

Jombang, koranmemo.com - Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dikabarkan mendatangi Rumah Sakit Pelengkap Medical Center (RS PMC) Jombang. Kedatangan ke rumah sakit swasta yang ada di jalan IR. H. Juanda, Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Kota Jombang itu, masih berkaitan dengan dugaan penelantaran ibu hamil yang berujung meninggalnya bayi pasangan suami istri BK (29) dan DR (27), warga Desa Gedangan, Kecamatan Sumobito, beberapa waktu lalu.


Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang, dr. M. Vidya Buana mengatakan, kedatangan tim ini merupakan upaya tindak lanjut dari laporan yang disampaikan Dinkes Jombang ke Dinkes Pemprov Jatim.


"Setelah kemarin hari Jum'at (7/8), kita mendatangi RS PMC untuk mendengarkan langsung kronologis paparan, kemudian kita langsung koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi," kata dr. Vidya pada sejumlah wartawan, Senin (10/8).


Masih menurut Vidya, tim dari Dinkes Provinsi Jatim yang datang untuk melakukan audit ke RS PMC. "Kita hari ini mendampingi, nanti hasilnya seperti apa," sambung dr Vidya.


Sementara itu, selain dari Dinkes Provinsi Jatim, dikabarkan juga pihak Satreskrim Polres Jombang, juga telah turun ke rumah sakit tersebut untuk mengetahui peristiwa yang dialami DR.


Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Cristian Kosasih, membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, pihaknya ke RS PMC, untuk mencari informasi.  "Kemarin turun ke sana (RS PMC) ngecek," ujarnya saat dihubungi, Senin (10/8)


Baca Juga: Bayi Meninggal Dunia di RS PMC Jombang


Ditegaskan, jika nantinya ditemukan kesalahan prosedur medis pada proses persalinan DR, maka pihaknya melakukan proses hukum.  "Intinya, kalau nanti ditemukan inprosedural itu, maka tetap akan kita proses," tutupnya.


Sebelumnya, DR, warga Desa Gedangan, Kecamatan Sumobito, mengaku ditelantarkan sebuah rumah sakit swasta di Kabupaten Jombang saat hendak melahirkan. Akibatnya DR terpaksa melahirkan bayinya tanpa ditangani tenaga kesehatan, hingga menyebabkan bayinya meninggal dunia.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

X