• Kamis, 20 Januari 2022

Bupati Kediri Minta Sanggar Tari Berkreasi Tanpa Henti

- Kamis, 20 Februari 2020 | 03:04 WIB
IMG-20200219-WA0032
IMG-20200219-WA0032


Kediri, koranmemo.com - Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno menyaksikan pagelaran tari 6 sanggar Tari, Rabu (19/2) pagi di Pendopo Kabupaten Kediri, Bupati Kediri berharap tidak hanya 6 sanggar yang tampil dan 24 lainya perlu ditampilkan sehingga nantinya bisa dilihat secara utuh.




“Harusnya tidak enam saja yang tampil namun 24 lainya harus bisa tampil disini dan saya akan melihat langsung.Utamanya dari kreasi koreografi yang menginspirasi. Karenanya perlu ditumbuhkan untuk memiliki karya baru dan dari tempat ini harus ada gagasan untuk sajian tari yang lebih bagus untuk Hari Jadi Kabupaten Kediri Maret mendatang,” ujarnya.


Sanggar tari di Kabupaten Kediri jumlahnya 30 dan tersebar di hampir semua kecamatan di Kabupaten Kediri. Tiap sanggar memiliki kesempatan tampil sesering mungkin di pendopo ini sehingga ada warna baru karakter khas masing-masing sanggar.


Penampilan enam sanggar ini bukan untuk lomba namun pertunjukkan tersendiri untuk pentas seni di  Kabupaten Kediri,event khusus dan menyambut tamu penting.


Keberadaan sanggar tari di Kabupaten Kediri diharapkan tetap memberikan warna  khasanah kekayaan seni dan budaya di Kabupaten Kediri.


Tentu karya seni berupa tari,tata musik,teater dan seni lainya harus menonjolkan karya asli yang tergali dari Bumi Kediri dengan tidak meninggalkan pakem yang sudah ada.


Karya tari dan penataan gending yang digarap dengan baik tentu menjadikan karya yang melegenda dan menjadi perhatian warga di Kabupaten Kediri. Seniman Kediri harus mampu menghasilkan karya baru dengan kreativitas,inovasi yang produktif. Ini bisa dijadikan asset daerah untuk pengembangan lebih lanjut.


Terkait hal ini Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno meminta seniman yang berada di sangar tari ataupun SD,SMP dan SMA yang memiliki sanggar tari harus ada kreasi baru. Untuk pertunjukkan di berbagai event budaya di Kabupaten Kediri,Propinsi Jawa Timur dan Nasional.


Bupati Haryanti mengajak seniman tari dan penata gending untuk memiliki daya kreasi tinggi dan menjelang hari jadi Kabupaten Kediri Bupati mengajak menciptakan karya tari dan penataan gending baru.Sehingga potensi seni di kalangan milenial Kabupaten Kediri bisa tampil maksimal. (Adv)

Halaman:

Editor: Koran Memo

Terkini

X