• Kamis, 27 Januari 2022

Banjir Jakarta, Jadwal KA DAOP 7 Kena Imbas

- Selasa, 25 Februari 2020 | 15:42 WIB
Banjir Jakarta, Jadwal KA DAOP 7 Kena Imbas
Banjir Jakarta, Jadwal KA DAOP 7 Kena Imbas

Kediri, koranmemo.com -- Banjir yang terjadi di Jakarta, tidak hanya berimbas ke masyarakat sekitar. Akibat banjir tersebut, jadwal perjalanan kereta api (KA) Daerah Operasi (Daop) 7 juga terganggu bahkan beberapa KA mengalami keterlambatan baik kedatangan maupun keberangkatan, Selasa (25/2).


Manajer Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, jadwal KA di wilayah Daop 7 mengalami keterlambatan. Banjir tidak hanya menggenangi jalan, namun juga jalur rel di beberapa titik, termasuk di stasiun. "Kami menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan beberapa KA yang melintas di wilayah Daop 7," ujarnya.


"Kelambatan terjadi karena adanya beberapa titik Stasiun wilayah Daop 1 Jakarta yang terkena banjir. Ketinggian air menurut informasi bervariatif. Selain stasiun yang terimbas banjir, Depo Lokomotif Jatinegara pun sama kondisinya sehingga mengakibatkan kereta jarak jauh mengalami gangguan dan keterlambatan pemberangkatan," imbuhnya.


Untuk KA yang melintas di wilayah Daop 7 Madiun, setidaknya ada lima jadwal yang mengalami kelambatan sejak pada pukul 11.00 WIB. Lima jadwal ini yaitu Ka 246A (Banrang/Parcel ) masih belum berangkat di Kampung Bandan dan sudah terlambat 385 menit. Untuk PLB 128A (Anjasmoro), posisi berada di Purwokerto dan terlambat 25 menit.


Sedangkan PLB 2A (Argo Wilis), kata Ixfan, yang berada di Ciawi masih bisa sesuai jadwal. Untuk KA 292 (Matarmaja), masih belum berangkat dari Stasiun Pasarsenen dan diperkirakan terlambat 30 menit. Sementara untuk PLB 112A (Gayabaru), belum berangkat dari Stasiun Pasarsenen dan diperkirakan terlambat 45 menit.


Menurut Ixfan, penanganan terus diupayakan oleh tim KAI Daop 1 Jakarta. Ini dilakukan untuk meminimalisir kelambatan, namun tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan supaya perjalanan KA kembali lancar.


Ixfan menambahkan, bagi para pelanggan KA yang terimbas banjir hingga lambatnya perjalanan sampai lebih dari tiga jam, maka akan diberikan service recovery. "Pelanggan yang hendak membatalkan perjalanannya, PT KAI akan mengembalikan bea 100 persen sesuai harga tiket yang telah dibeli," ucapnya.


Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor :Della Cahaya

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

X