• Rabu, 8 Desember 2021

Penemuan Kerangka Diduga Kepala Macan Tutul

- Senin, 7 September 2020 | 18:56 WIB
Penemuan Kerangka Diduga Kepala Macan Tutul
Penemuan Kerangka Diduga Kepala Macan Tutul

Malang, koranmemo.com - Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur Wilayah Malang dan BBKSDA Jatim Wilayah VI Probolinggo menerima penyerahan kerangka oleh warga Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Senin (7/9).


Kerangka tersebut diduga adalah tengkorak kepala milik hewan karnivora atau hewan besar pemangsa (predator) dari bangsa (ordo) kucing besar. Dugaan sementara, tengkoraknya milik Macan Tutul Jawa (Panthera Pardus Melas)


Lutfi J kurniawan, tokoh masyarakat penggagas Kampung Sehat Joyo Amerta, kampung wisata edukasi yang sedang dibangun di tepian Sungai Metro, menuturkan, pada tanggal 4 September lalu telah ditemukan kerangka hewan liar di Sungai Metro, Kelurahan Merjosari. Kerangka tersebut ditemukan oleh Lulut Edi Santoso, Guru Seni SMAN 3 Kota Malang.


"Diduga ini merupakan kerangka hewan karnivora jenis kucing besar, ada dugaan juga adalah kerangka macan kumbang. Kami sebagai warga mojosari menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah yang berwenang," tuturnya.


Kepala BBKSDA Malang, Hari Purnomo, menuturkan bahwa pihaknya akan segera memproses temuan tersebut untuk diteruskan guna proses penelitian di Pusat Penelitian Biologi-LIPI Bogor.


"Sehingga diharapkan kita akan segera mengetahui lebih jelas tengkorak apa ini. Jadi pada kesempatan ini kita hanya bisa menduga bahwa ini salah satu satwa liar, jenis kucing besar,"ujarnya.



Baca Juga: Kelanjutan Liga, PT LIB Tunggu Izin Tertulis Kepolisian

Menurut pengukuran secara langsung, didapatkan ukuran lebar belakang kerangka yaitu 21 cm dengan tinggi 13 cm. Dan lebar depan kerangka 8 cm dengan tinggi 5 cm. Serta berat keseluruhan kerangka kepala tersebut yaitu 0,8 kg.


"Ini kalau dilihat dari segi ukurannya sepertinya sejenis kucing, kucing besar, minimal bisa macan tutul," tambahnya.


Sementara itu Mamat Ruhimat, Kepala Seksi BBKSDA Jatim Wilayah VI Probolinggo, menyebutkan pihaknya sangat mengapresiasi warga Kelurahan Merjosari yang telah melaporkan temuan tersebut

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

UKW PWI Malang Raya Gandeng Polresta Malang Kota

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:11 WIB

Hujan Deras, Tiga Rumah di Batu Diterjang Longsor

Minggu, 28 November 2021 | 10:51 WIB

Kota Malang Juga Terdampak Banjir Bandang Batu

Kamis, 4 November 2021 | 21:01 WIB

Dituntut Cerai, Suami di Malang Bunuh Istri Sirinya

Selasa, 28 September 2021 | 15:38 WIB
X