• Sabtu, 21 Mei 2022

Presiden Jokowi Resmikan, Empat Embung di Jawa Tengah

- Selasa, 14 Desember 2021 | 17:39 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan empat embung dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Tengah, pada Selasa, 14 Desember 2021. (Setpres)
Presiden Joko Widodo meresmikan empat embung dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Tengah, pada Selasa, 14 Desember 2021. (Setpres)

Temanggung, koranmemo.com - Presiden Joko Widodo meresmikan empat embung dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Tengah, pada Selasa, 14 Desember 2021.

Keempat embung tersebut adalah Embung Bansari yang ada di Kabupaten Temanggung, Embung Dukun dan Embung Pagergunung yang ada di Kabupaten Magelang, serta Embung Tlogoguwo yang ada di Kabupaten Purworejo.

“Pagi hari ini saya datang ke Kabupaten Temanggung untuk meresmikan empat embung yang telah kita bangun dari 66 embung yang kita bangun di tahun 2021,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya usai peresmian yang dipusatkan di Embung Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung.

Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, diketahui Embung Bansari memiliki kapasitas tampung 8,588 meter kubik dengan luas genangan 0,56 hektar dan dibangun dengan biaya Rp9,2 miliar. Sedangkan Embung Dukun memiliki kapasitas tampung 16.395 meter kubik dengan luas genangan 0,578 hektar dan dibangun dengan biaya Rp8,4 miliar.

Baca Juga: Banyaknya Kendaraan Dinas Menunggak Pajak, Ini Penjelasan BPPKAD Ponorogo

Baca Juga: Harga Turun, Petani Temanggung Enggan Tanam Bawang Putih

Sementara itu, Embung Pagergunung diketahui memiliki kapasitas tampung 7.500 meter kubik dengan luas genangan 0,32 hektar dan dibangun dengan biaya Rp4,2 miliar. Terakhir, Embung Tlogoguwo diketahui memiliki kapasitas tampung 15.775 meter kubik dengan luas genangan 0,573 hektar dan dibangun dengan biaya Rp11,6 miliar.

Presiden Jokowi pun berharap keberadaan embung-embung tersebut dapat memberikan sejumlah manfaat nyata bagi produktivitas pertanian, penyediaan air baku, hingga potensi pariwisata bagi masyarakat sekitar.

“Kita harapkan dengan telah siapnya embung-embung yang ada, produktivitas pertanian bisa lebih baik dan juga bisa juga airnya dipakai untuk air baku di rumah-rumah, serta untuk pariwisata masyarakat,” ungkap Presiden, seperti dilansir dari laman resmi Presiden.

Editor : Achmad Saichu

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X