• Jumat, 30 September 2022

Rencana KPK Beri Pendidikan Ponpes, Meminimalisir Kecurangan Pemilu

- Senin, 8 Agustus 2022 | 20:50 WIB
KPK akan memberikan pendidikan politik pada Ponpes untuk meminimalisir kecurangan Pemilu. (foto situs resmi kpk)
KPK akan memberikan pendidikan politik pada Ponpes untuk meminimalisir kecurangan Pemilu. (foto situs resmi kpk)

Koranmemo.com - Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Wawan Wardiana berencana memberikan pendidikan politik ke Pondok Pesantren (Ponpes) menjelang agenda pemilihan umum (Pemilu) yang akan datang.

Seperti diketahui sampai saat ini beberapa pendidikan masih menjadi sasaran bagi oknum calon sebagai tempat mencari suara pemilihan, termasuk salah satunya Ponpes (pondok pesantren).

Wawan menjelaskan saat ini, KPK memang masih belum memiliki program khusus mendidik dan memanfaatkan peran masyarakat di Ponpes.

Sementara ini lembaga formal seperti SD, SMP, dan SMA yang berada di bawah Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Baca Juga: Ketua APEKSI Cicipi Tahu Takwa di ICE Padang, Wali Kota Kediri: Tahunya Sudah Kami Patenkan

Selain itu pendidikan yang berada di Kementerian Agama, seperti MI, Mts, dan MA juga menjadi sasaran Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat untuk pencegahan korupsi.

Namun kedepan bukan tidak mungkin dia akan membuat program khusus di Ponpes menjelang agenda pemilu yang akan datang.

“Sementara ini memang belum masuk ke Ponpes, kami hanya datang karena undangan dari mereka. Kedepan kami akan lakukan program khusus pada pesantren, karena bagus juga. Kami dapat informasi sering juga, menjelang pemilu banyak kunjungan para calon untuk meraup suara dari pesantren ini,” katanya saat Konferensi Rilis Capaian Kinerja KPK Semester 1, Senin (8/8).

Baca Juga: Tren Investasi di Tulungagung Meningkat, Ini Yang Mendominasi

Menurutnya program ini bisa diadakan pada tahun depan, sebab saat ini KPK masih fokus pada beberapa lembaga penyelenggara serta peserta pemilu.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X