Bagian Sejarah Kelam Bangsa Indonesia, Apakah Soeharto Dalang di Balik Pemberontakan G30S PKI?

- Senin, 26 September 2022 | 13:36 WIB
Peristiwa G30S PKI sampai saat ini masih melekat dipikiran seluruh masyarakat, namun apakah benar Soeharto adalah dalam pemberintakan (istimewa)
Peristiwa G30S PKI sampai saat ini masih melekat dipikiran seluruh masyarakat, namun apakah benar Soeharto adalah dalam pemberintakan (istimewa)
koranmemo.com - Peristiwa Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia atau yang kerap dikenal G30S PKI, hingga kini masih menyimpan sejuta misteri.

Berbagai kontroversi dalam kasus G30S PKI masih menjadi tanda tanya besar bagi bangsa Indonesia meski telah melalui masa reformasi.

Siapa dalang di baliknya hingga apa alasan utama terjadinya G30S PKI yang memakan korban enam jenderal dan satu perwira pertama TNI AD.
 
Baca Juga: Biografi Singkat 7 Pahlawan Revolusi Indonesia Yang Gugur Saat Tragedi G30S PKI

Peristiwa ini terjadi pada 30 September 1965 dan masih menjadi peristiwa memilukan bagi bangsa Indonesia dan keluarga korban yang telah ditinggalkan.

Kalian pasti ingat dengan pahlawan revolusi, bukan? Mereka telah diculik, disiksa, hingga dibunuh secara keji oleh anggota PKI.

G30S PKI kala itu dikendalikan oleh Dewan Militer yang diketuai oleh D.N. Aidit dan wakilnya Kamaruzzaman (Sjam).
 
Baca Juga: Asal Usul Ditemukannya Sumur Lubang Buaya, Sudah Lama Ada Sebelum Peristiwa G30S PKI?

Banyak isu beredar yang menyebabkan terjadinya pemberontakan ini.

Mulai dari kudeta Presiden Soekarno, perpecahan di dalam badan militer, hingga terprovokasi perang dingin.

Alasan utama dari peritiwa G30S PKI adalah untuk melawan rencana Dewan Jendral yang hendak mengkudeta atau melengserkan Presiden Soekarno.

Menurut Kantor Berita RRC (Cina), alasan adanya G30S PKI karena masalah yang terjadi di dalam internal Angkatan Darat Indonesia, kemudian diprovokasikan oleh Dinas Intelejen Barat sebagai upaya percobaan kudeta oleh PKI.
 
Baca Juga: Mengenal Sosok Ade Irma Suryani, Anak Kecil Yang Tewas Akibat Peristiwa G30S PKI

Alasan adanya kudeta Presiden Soekarno tidak lepas dari imbas perang dingin yang terjadi antara Uni Soviet (komunis) dan Amerika Serikat (kapitalis).

Saat itu, Presiden Soekarno cenderung memihak Uni Soviet, sedangkan Dewan Jendral dikabarkan memihak pada Amerika Serikat.

Oleh karena itu, Dewan Jendral mempunyai perspektif untuk menyingkirkan Presiden Soekarno dan jabatannya.
 
Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Yang Berkaitan Dengan G30S PKI, Tonton dan Dapatkan Perspektif Baru

Hingga kini, peristiwa pemberontakan ini masih menyimpan teka-teki. Lalu siapa dalang di balik semua kekacauan negeri ini?

Pemberontakan ini, sungguh kejam karena dapat menggugurkan enam jenderal dan satu perwira pertama TNI AD.

Pada orde baru, pelaku yang ditetapkan dalam kasus pemberontakan ini yakni golongan PKI. Lantas, siapa saja tokoh-tokoh di balik peristiwa yang mematikan itu?
 
Baca Juga: Cerita Seram Lokasi Pembuangan Jasad Korban G30S PKI, Wisata Coban Talun Kota Batu Jadi Misteri!

Tercatat ada lima pelaku utama yang mencetuskan terjadinya G30S PKI, di antarnya:

1. D. N. Aidit, merupakan ketua komite yang mencetuskan terbentuknya PKI dan perencana terjadinya gerakan 30 September.

2. Sjam Kamaruzaman, kepala biro khusus yang bertugas untuk merekrut tentara yang mendukung PKI.
Sjam juga yang telah memprovokasikan agar G30S PKI segera dilaksakan.

3. Letkol Untung, komandan militer G30S yang bertugas untuk menyiapkan dan memerintah pasukannya untuk menculik tujuh jendral dan membawa mereka ke lubang buaya, Jakarta.
 
Baca Juga: Santri Lirboyo Nobar Film G30s/PKI

4. Brigjen Soepardjo, komandan tempur di Kalimantan, kala itu ia tidak ikut serta dalam G30S tetapi Soepardjo diduga dibina oleh Sjam di biro khusus PKI.

5. Kolonel Abdul Latief, perwira utama pelaku G30S, sebagai Komandan Brigade Infanteri I/Djaja Sakti mempunyai jabatan strategis, yang membawahi pasukan khusus pengamanan Ibu Kota.

Namun, begitu banyak teori konspirasi dalam kasus pemberontakan G30S PKI. Ada pula yang sangat meyakini bahwa Presiden Soeharto adalah dalang di balik semua ini.
 
Baca Juga: Cerita Seram Lokasi Pembuangan Jasad Korban G30S PKI, Wisata Coban Talun Kota Batu Jadi Misteri!

Tuduhan tersebut bukanlah suatu alasan, sebab hanya Soeharto yang tidak diculik dan dibunuh oleh pasukan PKI seperti jendral-jendral lainnya.

Padahal, Soeharto kala itu juga memiliki pangkat yang tinggi di bidang militer tetapi dia tidak ditahan dan disiksa oleh para pemberontak.

Soeharto pun mengakui kalau ia melakukan pertemuan dengan Kolonel Abdul Latief sebelum peristiwa gerakan 30 September terjadi.

Akan tetapi, hingga 57 tahun berlalu tetap tak ada kejelasan mengenai dugaan keterlibatan Soeharto dalam kasus G30S PKI.***
 
 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Tempat Karaoke Terpopuler Di Jakarta Selatan

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:05 WIB
X