• Kamis, 1 Desember 2022

Kepala BPIP: Perkuat Ideologi Pancasila dan Jadilah Problem Solver

- Senin, 26 September 2022 | 21:46 WIB
Kepala BPIP Perkuat Ideologi Pancasila dan Jadilah Problem Solver
Kepala BPIP Perkuat Ideologi Pancasila dan Jadilah Problem Solver

Koranmemo.com - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. menekankan pentingnya memperkuat ideologi Pancasila di tengah paham ideologi lain yang berupaya memengaruhi bangsa Indonesia.

Pesan tersebut disampaikan Yudian saat menjadi pembicara kunci dalam Kuliah Umum Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati di Bandung, Jumat (24/09).

Dalam kuliah umum yang bertajuk “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi” tersebut Yudian mengungkapkan, pentingnya bangsa Indonesia bersyukur atas karunia yang Allah SWT. berikan.

“Kita adalah bangsa yang paling diridhoi, dicintai, dikasihi oleh Allah SWT. Tinggal lakukan 2 hal. Bersyukur dengan memperkuat ideologi (Pancasila) dan kuasai teknologi”, ungkap Yudian.

Baca Juga: Dua Desa di Kabupaten Kediri Jadi Proyek Percontohan Desa Ramah Perlindungan Perempuan dan Anak

Yudian juga menjabarkan tugas manusia sebagai khalifah yang memimpin bumi pertiwi.

“Nusantara ini tanah paling subur di muka bumi. Punya NKRI. Di Jawa bagian barat, nama-namanya banyak yang diambil dari air. Ada Cibiru, Cibeureum, Cimahi, Ciliwung, Cibulan, dan masih banyak lagi. Ini tanah paling subur yang ditunjuk oleh Tuhan”, tutur Yudian.

Kepada ratusan mahasiswa pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Yudian menegaskan, para founding fathers, Bung Karno dan Bung Hatta telah berhasil meneladani revolusi Rasulullah.

“Proklamsi kita, proklamasi terhebat di muka bumi sepanjang sejarah. Terjadi di tengah Perang Dunia II dan (kita) tidak punya teknologi militer”, jelas Yudian.

Di samping itu, Yudian mengajak memori audien ke masa sebelum proklamasi. Pada saat itu, Nusantara masih berbentuk kerjaan-kerajaan/kesultanan. Namun dengan proklamasi, terbentuklah NKRI.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X