• Rabu, 30 November 2022

Ternyata, Ini Alasan Orang Bule Lebih Suka Cebok Menggunakan Tisu Daripada dengan Air

- Kamis, 29 September 2022 | 13:00 WIB
ilustrasi (Pixabay)
ilustrasi (Pixabay)

koranmemo.com –  Membersihkan diri setelah buang air kecil apalagi air besar atau cebok di wilayah nusantara umumnya dilakukan menggunakan air. Namun orang bule lebih suka menggunakan tisu toilet. 

Ternyata ada alasan yang membuat mereka harus menggunakan tisu sebagai alat untuk cebok atau membersihkan diri setelah buang air besar maupun air kecil.

Terbukti, toilet yang dimiliki orang bule tidak memiliki bak air, atau hanya menyediakan tisu toilet sebagai alat untuk membersihkan diri usai buang air kecil maupun besar. Begitu juga toilet tanpa fasilitas air pembersih juga bisa kita jumpai di hotel di wilayah nusantara. 
 
 
Bagi orang Indonesia, menggunakan tisu toilet tidak lazim. Selain itu dianggap bahwa cebok menggunakan tisu toilet tidak sebersih menggunakan air.

Dilansir dari berbagai sumber, menggunakan tisu sebagai alat untuk membersihkan diri setelah buang air pertama kali terjadi di China pada abad ke-6 hingga ke-8. 
 
Sedangkan masyarakat Amerika pertama menggunakan tisu toilet sebagai alat untuk membersihkan diri  pada tahun 1857. Sebelum tisu toilet beredar, masyarakat amerika menggunakan kertas penyerap dari Katalog Sears dan farmers’s Almanak yang telah beredar sejak tahun 1818. 
 
 
Barulah pada tahun 1935, banyak pabrik yang membuat tisu toilet.

Agama, budaya, iklim, dan cuaca  menjadikan negara Eropa Utara, Amerika, dan Asia Tengah memilih menggunakan tisu toilet untuk membersihkan diri. Sedangkan untuk wilayah Eropa Selatan dan Asia tenggara lebih memilih untuk menggunakan air. 
 
Sebagian besar wilayah di Eropa Utara mengalami cuaca da iklim yang dingin sepanjang tahun. Hal ini menyebabkan  air disana menjadi beku atau sangat dingin, bahkan ketika musim panas sekalipun.
 
Baca Juga: 5 Tips Liburan Low Budget Agar Keuangan Tetap Aman Yang Patut Kamu Coba

Hal itulah yang melatarbelakangi penggunaan tisu toilet sebagai alat untuk membershkan diri usai buang air. Meski saat ini telah tersedia pemanas air, namun penggunaan tisu toilet telah membudaya di Eropa Utara.

Adapun masyarakat indonesia yang mayoritas beragama islam, meyakini bahwa menggunkan air lebih membersihkan area yang kotor dibandingkan dengan tisu. Kondisi iklim dan cuaca di Indonesia juga mendukung untuk mengunakan air. Namun, hal itu tidak berlaku untuk masyarakat Amerika, Eropa Timur dan Asia Timur.

Demikian alasan kenapa orang-orang bule menggunakan tisu toilet sebagai alat untuk membersihkan diri dengan air. Kalau kalian, lebih suka menggunakan tisu toilet atau air ?***

Penulis : Suhaidi
 
 

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X