Implementasi Pancasila Dalam Dunia Pendidikan, Pemerintah Bangun AMN dan Beri Beasiswa serta Biaya Hidup

- Rabu, 30 November 2022 | 12:17 WIB
Implementasi Pancasila Dalam Dunia Pendidikan, Pemerintah Bangun AMN dan Beri Beasiswa serta Biaya Hidup
Implementasi Pancasila Dalam Dunia Pendidikan, Pemerintah Bangun AMN dan Beri Beasiswa serta Biaya Hidup

Koranmemo.com - Implementasi Pancasila dalam dunia pendidikan semakin masif dilakukan Pemerintah. Demi menciptakan persatuan dan keadilan sosial, Pemerintah melalui Badan Intilejen Negara (BIN), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian Agama membangun Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) bagi putera-puteri daerah yang dikuliahkan di Pulau Jawa.

Guna memfasilitasi mahasiswa dari timur Indonesia, Presiden RI, Ir. Joko Widodo mendirikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di  Surabaya, Jawa Timur. 

Selain Surabaya, sejumlah kota besar juga sudah dicanangkan menjadi tempat dibangunnya AMN, seperti Makasar, Sulawesi Selatan dan Manado, Sulawesi Utara.

Para mahasiswa diberikan beasiswa penuh LPDP dari Kemenkeu selama berkuliah, termasuk biaya hidupnya. 

Baca Juga: UMK Malang Raya dan Kota Batu Diusulkan Naik Tujuh Persen Lebih, Finalnya Tunggu Putusan Gubernur

Para mahasiswa Papua merasa terbantu dengan adanya perhatian dari Pemerintah ini. Mereka bertekad berkuliah dengan sungguh-sungguh untuk kembali membangun tanah kelahirannya.

Presiden Jokowi menekankan, dibangunnya Asrama Mahasiswa Nusantara ini untuk menyatukan putera-puteri dari berbagai wilayah di Indonesia dalam satu tempat tinggal. Sehingga persatuan dan kesatuan dapat semakin erat terbangun dan menghasilkan gotong royong dalam membangun Indonesia pada masa mendatang.

“Pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara ini untuk kita saling mengenal. Mahasiswa dari Papua kenal dengan yang dari Aceh di asrama ini. Begitu juga dengan mahasiswa dari daerah-daerah lainnya. Tujuannya agar rukun dan kompak karena di asrama diberikan wawasan kebangsaan”, tutur Presiden Jokowi.

Baca Juga: Teka-Teki Kematian Keluarga Kalideres: Diduga Ada Ritual untuk Membantu Mengatasi Masalah

Presiden Jokowi berharap, dengan berkumpulnya mahasiswa dari seluruh Indonesia di asrama ini, Bangsa dan Negara Indonesia akan lebih kuat pada masa mendatang.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X