• Senin, 23 Mei 2022

Liga 1: Persik Kediri Dikalahkan Arema FC, Javier Roca Gagal di Debut Pertama

- Jumat, 19 November 2021 | 20:57 WIB
Pelatih Kepala Persik Kediri, Javier Roca saat menutup muka dengan kedua tangan setelah memberikan arahan pada pemain. (dhita septiadarma/memo)
Pelatih Kepala Persik Kediri, Javier Roca saat menutup muka dengan kedua tangan setelah memberikan arahan pada pemain. (dhita septiadarma/memo)

 



Bantul, koranmemo.com - Derby Jawa Timur (Jatim) BRI Liga 1 Indonesia 2021/2022 antara Persik Kediri melawan Arema FC berakhir dengan skor 2-3 untuk kemenangan tim asal Malang, Jumat (19/11). 
 
Persik Kediri kembali gagal meraih poin penuh pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul.

Cuaca hujan membuka pertandingan malam tersebut. Berambisi menang Persik Kediri tampil agresif pada awal pertandingan. 
 
 
 
Menit ke-1 Dionatan mendapat tendangan bebas setelah Faris Aditama dilanggar, tapi bola melambung terlalu tinggi.

Selanjutnya Antoni Putro Nugroho mendapat tendangan di menit ke-3 tapi dapat ditangkap oleh kiper Arema FC, sebenarnya bola muntah tapi dapat diamankan.
 
Berlanjut menit ke ke-4 Persik kembali mendapat peluang dari tendangan Dionatan Machado yang disambut oleh Faris Aditama tapi dapat dimentahkan
 
 
Baca Juga: Harapan PSID Jombang Melaju di 32 Besar Liga 3 Jatim Kandas

Arema FC yang membangun serangan langsung dihadang. Kartu kuning diberikan pada Sergio Silva menit ke-11 karena mengganggu pergerakan Youssef Ezzejjari yang mendapat kesempatan serangan balik.

Arema FC yang mencoba melakukan serangan melalui Carlos Cortez gagal karena offside menit ke-15. 
 
Pada serangan selanjutnya, Arema FC mendapat tendangan mati setelah Rafli dilanggar menit ke-18 oleh Aldo Claudio. Tendangan bebas menghasilkan kemelut di depan gawang Persik tapi dapat diantisipasi.
 
 
Baca Juga: Tekankan Tindakan Humanis, Satlantas Polres Batu Adakan Sayembara

Menit ke-23 Carlos masuk ke kotak penalti tapi dapat dihadang. Bola kembali ke tengah lapangan dan gelandang Arema FC mengumpan bola ke Carlos yang ada di depan. Meski dibayangi dia menendang bola melengkung menit ke-24, tapi masih meleset.

Lagi-lagi Carlos kembali offside menit ke-25 karena berada di belakang pemain bertahan Persik Kediri.

Tak berselang lama Gelandang Arema FC, Feby Eka masuk ke kotak penalti berhadapan dengan Agil Munawar dan Aldo menit ke-26. Pertahanan berlapis dapat meredam agresivitas klub asal Malang tersebut.
 
 
Baca Juga: Acara Jumat Ngopi, Bupati Kediri Akan Menindak Tegas Pengisian Perangkat Desa yang Curang

Gol akhirnya tercipta oleh Youssef gol menit ke-30. Umpan terobosan dari Dionatan melewati 3 pemain belakang Arema FC  dan bisa dimaksimalkan dengan tendangan menyusur tanah. Skor 1-0 untuk keunggulan Persik Kediri.

Tapi Arema FC mendapatkan Penalti menit ke-32 setelah Tito Hamzah dilanggar Dany Saputra. Eksekusi Cortez, menit ke-33 gol ke gawang Fajar Setya ke bagian kiri mengubah skor menjadi 1-1.

Setelah itu Arema FC kembali melakukan serangan, Dany Saputra membuang bola menit-37 dan menghasilkan tendangan pojok untuk Arema FC
 
Tendangan pojok dimentahkan, serangan balik dibangun, tapi umpan Antoni terlalu melebar dipertahankan Arema FC hanya menghasilkan tendangan pojok. Tendangan pojok Dionatan gagal dimaksimalkan.
 
 
Baca Juga: Pinky Dianie Amalia, Penyanyi Muda Tampil di Panggung dan Youtube

Menit ke-41 Arema FC melakukan serangan tapi dapat  diblok oleh pemain belakang Persik Kediri dan menghasilkan tendangan pojok untuk Arema FC. Tendangan berbuah gol menit ke-42 oleh Johan A Farizi. 

Bola yang memantul setelah ditanduk, dapat disambut oleh Johan sehingga mengubah skor skor 2-1 untuk Arema FC.

Persik Kediri tidak menyerah, tendangan ke arah gawang dilesatkan Ezzejjari menit tambahan. Tapi masih bisa ditangkap oleh penjaga gawang Arema FC.

Arema FC justru menambah gol, Feby Eka memperlebar jarak pada 3 menit babak tambahan. Skema tendangan yang gagal diantisipasi oleh Fajar Setya, Kiper Persik Kediri membuat skor berubah 1-3 untuk Arema FC sekaligus menutup babak pertama.
 
 
Baca Juga: Super Keren Trenggalek Dinobatkan Sebagai Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Jatim

Pertandingan berlanjut babak ke-2, hujan sudah reda sejak pertengahan babak pertama. Bek Arema FC Diego Michel diganti Febrianto menit ke-46, karena kelelahan menghadapi 2 gelandang sayap Persik Kediri.

Klub asal Malang melakukan ancaman menit awal babak ke-2, Tito Hamzah mengancam pertahanan Persik Kediri menit ke-49 dan berbuah tendangan pojok tapi masih bisa diantisipasi.

Beberapa menit kemudian, kartu kuning diberikan pada dionatan setelah mengganjal Carlos menit ke-52. Tendangan mati dieksekusi oleh Rizky Dwi mentah oleh Fajar Setya. Tak berselang lama Arema FC kembali mengancam menit ke-53 melalui Carlos dan Tito tapi belum dimaksimalkan.
 
 
Baca Juga: Ajak Dubes Tinjau Persemaian di Rumpin, Presiden: Kita Serius Tangani Perubahan Iklim

Septian Satria Bagaskara masuk menggantikan Faris Aditama, Antoni keluar digantikan Hariyanto Panto menit ke-60 menambah serangan. Beberapa kali masuk ke pertahanan lawan tapi belum maksimal.

Tendangan mati dieksekusi oleh Dionatan menit ke-65 setelah Bagas dilanggar. Namun tendangan ditangkap oleh kiper Arema FC

Gelandang Arema FC, Hanif Sjahbandi tersungkur dan tidak bisa melanjutkan pertandingan. Dia diganti oleh Jayus Haryono menit ke-67.

Selanjutnya Persik Kediri mendapatkan peluang dari tendangan mati. Youssef dilanggar menit ke-69 oleh Bagas Adi Nugroho bek Arema FC di dekat kotak penalti, namun belum bisa dimaksimalkan.

 

Memasuki menit ke-71 Risna Prahalabenta masuk menggantikan Aldo yang mengalami kram. 

Dua kali  Persik Kediri mendapatkan tendangan pojok menit ke-72 dan 73 tapi tidak bisa berbuah gol. Arema FC justru melakukan serangan balik namun masih terjebak Offside.

Persik Kediri memperpendek jarak gol. Handball di kotak penalti Rizky Dwi menit ke-76 di eksekusi oleh Yossef dan berbuah gol menit ke-77. Setelah itu Persik terus melakukan serangan tapi tambahan waktu 3 menit tidak bisa dimaksimalkan. Skor tak 2-3 untuk Arema FC.

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor Achmad Saichu
 

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ferinando Pahabol Ingin Bermain Tanpa Tekanan

Jumat, 20 Mei 2022 | 18:53 WIB
X