Contoh Soal UTBK Saintek 2022 Materi Penalaran Umum dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan

- Minggu, 4 September 2022 | 09:53 WIB
Ilustrasi. Yuk simak bersama-sama contoh soal UTBK Saintek tahun 2022 materi Tes Penalaran Umum untuk persiapan ujian (pexels.com/Julia M Cameron)
Ilustrasi. Yuk simak bersama-sama contoh soal UTBK Saintek tahun 2022 materi Tes Penalaran Umum untuk persiapan ujian (pexels.com/Julia M Cameron)

koranmemo.com - Halo semua, yuk simak contoh soal UTBK Saintek 2022 Tes Penalaran Umum beserta kunci jawaban dan pembahasan.

Beberapa contoh soal UTBK Saintek 2022 materi Tes Penalaran Umum berikut mungkin ada yang akan keluar sebagai ujian kedepannya, maka mari pelajari dengan gembira bersama-sama dengan kunci jawaban serta pembahasan.

Seperti dikuti dari sumber rekanbelajar.com, inilah contoh soal UTBK 2022 materi Tes Penalaran Umum dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan selengkapnya.

Baca Juga: Contoh Soal UTBK 2022 Saintek Biologi Disertai dengan Kunci Jawaban Lengkap serta Pembahasan

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-5!

Kunjungan wisata ke Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat, terutama daerah - daerah yang alam dan budayanya masih terjaga (lestari), seperti Bali dan Yogyakarta. Kunjungan wisata, baik wisatawan mancanegara atau wisatawan nusantara, di berbagai wilayah Indonesia menjadi agenda wisata bagi wisatawan tersebut. Oleh karena itu, daerah-daerah yang menjadi objek wisata sebaiknya tetap menjaga kelestarian alam dan budayanya.

Namun daerah-daerah lain pun dapat berbenah untuk menjadi daerah tujuan wisata. Peningkatan kunjungan wisata itu dapat terlihat dan sangat bervariasi. Variasi tersebut terjadi karena berbagai faktor yaitu, keterjangkauan, layanan, dan faktor keunikan objek wisata. Ketiga faktor tersebut secara bersama-sama atau sendiri-sendiri memengaruhi jumlah wisatawan, perkembangan kunjungan wisata tersebut dapat terlihat pada tabel berikut.

Baca Juga: Contoh Soal UTBK Soshum 2022 Materi Ekonomi, Dilengkapi Kunci Jawaban

1. Pernyataan manakah yang paling sesuai dengan isi tabel di atas?

a. Peningkatan jumlah wisatawan paling stabil terjadi di daerah Medan
b. Peningkatan jumlah wisatawan yang paling tidak stabil terjadi di daerah Bali
c. Peningkatan jumlah wisatawan yang paling tidak stabil terjadi di daerah Manado
d. Setiap tahun Jakarta adalah daerah yang paling sering dikunjungi wisatawan
e. Setap tahun Bali selalu paling banyak dikunjungi wisatawan

Kunci Jawaban : b. Peningkatan jumlah wisatawan yang paling tidak stabil terjadi di daerah Bali

Pembahasan : Wilayah Bali merupakan daerah yang paling tidak stabil angka peningkatannya, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan tahun 2008 ke 2009 yang sangat meningkat drastis.

Baca Juga: Contoh Soal UTBK Soshum 2022 Materi Ekonomi, Dilengkapi Kunci Jawaban

2. Kalimat manakah yang paling sesuai dengan isi tabel di atas?

a. Kunjungan wisata ke Indonesia setiap tahun selalu meningkat. Peningkatan itu terjadi karena setiap daerah selalu memberikan pelayanan yang baik pada wisatawan. Daerah yang paling banyak dikunjungi adalah Bali dan Yogyakarta.

b. Bali merupakan daerah yang paling tinggi tingkat kunjungannya. Hal ini terlihat dari angka yang terus meningkat sejak tahun 2008, terutama dari tahun 2008 ke tahun 2009.

c. Dari tabel tersebut dapat diketahui bahwa Jakarta merupakan daerah yang cukup diminati oleh wisatawan. Wisatawan dapat berkunjung ke ibukota sambil menikmati keindahannya dan setelah kembali dari berwisata, mereka dapat menceritakan kembali keindahan yang dinikmati selama di Jakarta.

d. Dari tabel tersebut dapat dilihat bahwa tujuan wisata sangat beragam. Keberagaman tersebut terjadi karena berbagai fakor diantaranya keterjangkauan, layanan dan keunikan objek wisata. Ketiga faktor tersebut memengaruhi kunjungan wisatawan.

e. Penurunan jumlah wisatawan Yogyakarta terjadi pada tahun 2011. Penurunan terjadi karena Gunung Merapi meletus sehingga wisatawan merasa takut. Selain itu, akses menuju daerah Yogyakarta dirasa cukup menyulitkan wisatawan.

Kunci Jawaban : b. Bali merupakan daerah yang paling tinggi tingkat kunjungannya. Hal ini terlihat dari angka yang terus meningkat sejak tahun 2008, terutama dari tahun 2008 ke tahun 2009.

Pembahasan : Berdasarkan tabel, Bali menjadi daerah dengan keseluruhan angka dengan kunjungan yang tinggi daripada daerah yang lain.

Baca Juga: Simak Contoh Soal UTBK Mandiri Bidang Saintek 2022 Lengkap dengan Kunci Jawaban

3. Daerah tujuan wisata yang memiliki jumlah kunjungan paling sedikit namun MUNGKIN paling stabil adalah...
a. Bali
b. Yogyakarta
c. Jakarta
d. Medan
e. Manado

Kunci Jawaban : e. Manado

Pembahasan : Jika dicermati dari isi tabel, daerah Manado memiliki jumlah kunjungan paling sedikit dibandingkan dengan daerah lain. Akan tetapi, jika dilihat lebih seksama angka kunjungan setiap tahun didapat jumlah yang cukup stabil.

4. Simpulan yang dapat mewaliki isi tabel tersbut adalah..

a. Manado merupakan tujuan wisata yang paling sedikit dikunjungi karena akses menuju daerah yang menyulitkan wisatawan, meskipun angka peningkatan jumlah kunjungannya setiap tahun relatif stabil.

b. Bali memiliki jumlah kunjungan yang paling tinggi dibanding daerah lain karena faktor layanan yang dinilai cukup memuaskan.

c. Bali merupakan tujuan wisata yang paling diminati wisatawan karena memiliki jumlah kunjungan terbanyak dibanding daerah lain

Baca Juga: Kumpulan Contoh Soal Ujian Mandiri UTBK Kelompok Soshum Terbaru 2022, Lengkap dengan Kunci Jawaban

d. Jakarta memiliki jumlah kunjungan yang tidak terlalu banyak karena daerah ibukota bukanlah tujuan wisata yang unik.

e. Seluruh daerah wisata dalam tabel memiliki peningkatan jumlah kunjungan yang stabil

Kunci Jawaban : c. Bali merupakan tujuan wisata yang paling diminati wisatawan karena memiliki jumlah kunjungan terbanyak dibanding daerah lain

Pembahasan : Dilihat dari isi tabel, Bali merupakan daerah dengan jumlah kunjungan tertinggi dari daerah lain. Hal tersebut menunjukkan jika daerah Bali cukup diminati oleh para wisatawan.

5. Manakah pernyataan yang tidak sesuai dengan isi tabel tersebut?

a. Jakarta dan Yogyakarta memiliki angka kunjungan yang tidak terlalu sedikit namun tidak juga paling tinggi.

b. Medan dan manado memiliki angka kunjungan yang relatif sedikit, namun angka kunjungan Medan masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan daerah Manado.

c. Angka kunjungan Yogyakarta tidak selalu lebih tinggi jika dibandingkan dengan daerah Jakarta setiap tahunnya.

Baca Juga: 20 Contoh Soal TPA UTBK Mandiri Bidang Saintek 2022, Lengkap Beserta Kunci Jawaban

d. Medan dan Manado adalah daerah paling jarang dikunjungi karena faktor
geografisnya

e. Sejak tahun 2009, angka kunjungan Bali selalu lebih tinggi jika dibanding daerah lainnya

Kunci Jawaban : c. Angka kunjungan Yogyakarta tidak selalu lebih tinggi jika dibandingkan dengan daerah Jakarta setiap tahunnya.

Pembahasan : Berdasarkan isi tabel, angka kunjungan Yogyakarta tidak selalu lebih tinggi dari Jakarta, hal ini terlihat dari angka kunjungan kedua daerah pada tahun 2011. Angka kunjungan Jakarta lebih besar daripada Yogyakarta.

Nah, itulah contoh soal UTBK Saintek tahun 2022 materi Tes Penalaran Umum untuk bahan belajar di rumah menghadapi ujian. Jangan lupa berdoa sebelum mulai belajar ya, semangat!***

Penulis : Rika Wulandari

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X