• Kamis, 8 Desember 2022

Simak Contoh Soal UTBK Saintek Tahun 2022 Dilengkapi Kunci Jawaban dan Pembahasan Terbaru

- Minggu, 4 September 2022 | 13:50 WIB
 Ilustrasi. Inilah contoh soal UTBK Saintek 2022 terbaru yang dilengkali dengan kunci jawaban serta pembahasan. Yuk kepoin. (pexels.com/Karolina Grabowska)
Ilustrasi. Inilah contoh soal UTBK Saintek 2022 terbaru yang dilengkali dengan kunci jawaban serta pembahasan. Yuk kepoin. (pexels.com/Karolina Grabowska)

koranmemo.com - Simak berikut ini contoh soal UTBK Saintek tahun 2022 yang dilengkali dengan kunci jawaban terbaru disertai pembahasan.

Artikel contoh soal berikut ini disertai dengan kunci jawaban dan pembahasan untuk mempersiapkan teman-teman sekalian dalam menghadapi UTBK Saintek 2022 yang akan datang.

Dikutip dari rekankerja.com, yuk kita simak bersama-sama contoh soal UTBK Saintek tahun 2022 terbaru yang dilengkapi dengan kunci jawaban beserta pembahasan selengkapnya.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Mudah Ala Devina Hermawan, Bikin Sekeluarga Ketagihan


Pengangguran adalah status yang paling tidak menyenangkan bagi orang yang mengalaminya. Dia akan tertekan dari segala sisi, apalagi jika orang itu menyandang status pengangguran terdidik dengan embel-embel gelar sarjana.
Sementara itu, penyelesaiannya amat sederhana, yaitu Anda tinggal membuka usaha menjadi wirausaha atau bekerja pada pengusaha lain, namun kenyataannya baru 0,18% penduduk Indonesia yang menjadi pengusaha. Artinya baru sekitar 450.000 penduduk Indonesa yang membuka usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain (data majalah Kesra menunjukkan 400.000 orang).

Andaikan setiap pengusaha mampu merekrut 50 orang pekerja, itu pun baru 22.5 juta orang yang dapat pekerjaan. Sementara itu, angkatan kerja di Indonesia tidak kurang dari 100 juta orang, sedangkan angka pengangguaran saat ini mencapai 10-30 juta orang. Angka itu menunjukkan bahwa jumlah pengangguran masih banyak yang belum terserap lapangan kerja.
Data BPS menunjukkan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia paling banyak ditempati oleh lulusan SLTA sebagaimana disajikan dalam tabel berikut.
 
Baca Juga: TERUNGKAP! Inilah Sosok Big Mouse Sebenarnya dalam Drama Big Mouth

1. Manakah pernyataan berikut yang sesuai dengan isi bacaan di atas?

a. Jika setiap pengusaha yang ada di Indonesia mampu merekrut puluhan karyawan, maka masalah pengangguran akan dapat terselesaikan.

b. Masih terdapat 10-30 juta orang yang belum bekerja, hal ini disebabkan karena pemerintah kurang berkontribusi dalam membantu masyarakat untuk dapat terserap lapangan kerja.

c. Jumlah pengangguran paling banyak didominasi oleh lulusan SMP karena lulusan ini dianggap belum memiliki kecakapan yang cukup untuk trejun ke dunia kerja.

d. Jumlah pengangguran dalam rentang empat tahun ini didominasi oleh masyarakat lulusan SMA dengan jumlah yang cukup mencengangkan.

e. Menjadikan seluruh pengangguran sebagai wirausahawan, adalah satu-satunya cara yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan jumlah penggangguran.

Kunci Jawaban : d. Jumlah pengangguran dalam rentang empat tahun ini didominasi oleh masyarakat lulusan SMA dengan jumlah yang cukup mencengangkan.
 
Baca Juga: Contoh Soal UTBK Saintek 2022 Materi Penalaran Umum dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan

Pembahasan : Berdasarkan isi tabel, dapat diketahui jika jumlah pengangguran empat tahun terakhir paling banyak didominasi oleh masyarakat lulusan SMA dibandingkan kolom lainnya.

2. Simpulan yang paling sesuai dengan isi tabel tersebut adalah?

a. Hampir seluruh kategori pendidikan memiliki angka peningkatan jumlah
pengangguran yang relatif stabil.

b. Seluruh kategori pendidikan pernah mengalami peningkatan jumlah pengangguran, namun semua angka cenderung menurun di tahun terakhir pengamatan.

c. Tidak ada satupun kategori pendidikan yang memiliki penurunan angka pengangguran yang stabil.

d. Dari semua kategori pendidikan, jenjang SMA adalah jenjang yang mengalami angka penurunan jumlah pengangguran yang paling stabil.

e. Berdasarkan tabel di atas, setiap masyarakat harus melanjutkan sekolahnya ke jenjang sarjana agar tidak menganggur.

Kunci Jawaban : b. Seluruh kategori pendidikan pernah mengalami peningkatan jumlah pengangguran, namun semua angka cenderung menurun di tahun terakhir pengamatan.

Pembahasan : Berdasarkan tabel dapat dilihat bahwa seluruh kategori pendidikan mengalami peningkatan jumlah pengangguran, tetapi pada tahun 2011 semua kategori mengalami penurunan angka pengangguran kecuali pada jenjang pendidikan SLTP.
 
Baca Juga: Contoh Soal UTBK 2022 Saintek Biologi Disertai dengan Kunci Jawaban Lengkap serta Pembahasan

3. Simpulan yang paling tepat dari paragraf dua pada bacaan di atas adalah...

a. Dari jumlah 100 juta angkatan kerja di Indonesia, masih banyak jumlah masyarakat yang belum terserap lapangan pekerjaan dan jumlah tersebut didominasi oleh lulusan SLTA.

b. Jumlah angkatan kerja yang tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan
menyababkan jumlah pengangguran terus meningkat, terutama lulusan SLTA.

c. Jika pengusaha membuka lapangan kerja bagi orang lain, maka itu belum cukup untuk menghabiskan jumlah angka pengangguran di Indonesia.

d. Permasalahan pengangguran akan selesai jika seluruh masyarakat yang menjadi wirausahawan merekrut banyak tenaga kerja.

e. Tidak ada simpulan yang tepat.

Kunci Jawaban : a. Dari jumlah 100 juta angkatan kerja di Indonesia, masih banyak jumlah masyarakat yang belum terserap lapangan pekerjaan dan jumlah tersebut didominasi oleh lulusan SLTA.

Pembahasan : Di paragraf kedua dari bacaan disebutkan jumlah angkatan kerja 100 juta jiwa. Dan pada akhir paragraf disebutkan masih banyak masyarakat yang belum terserap lapangan kerja dan oalng banyak pada kategori lulusan SLTA.
 
Baca Juga: Contoh Soal UTBK Soshum 2022 Materi Ekonomi, Dilengkapi Kunci Jawaban

4. Manakah pernyataan berikut yang MUNGKIN sesuai dengan isi bacaan di atas?

a. Semakin tinggi kategori pendidikan, maka angka jumlah penganggurannya akan semakin sedikit dibanding tingkat pendidikan di bawahnya

b. Tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap besarnya angka pengangguran

c. Semua permasalahan angka pengangguran akan selesai dengan menjadikan semua lulusan sebagai wirausahawan

d. Setiap jenjang pendidikan perlu membekali siswanya dengan pengetahuan wirausaha

e. Setiap universitas seharusnya mengadakan pelatihan wirausahawan bagi
mahasiswanya

Kunci Jawaban : b. Tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap besarnya angka pengangguran

Pembahasan : Pernyataan yang mungkin sesuai dengan bacaan di atas adalah tingkat pendidikan belum tentu berpengaruh terhadap besarnya angka pengangguran.
 
Baca Juga: Kumpulan Contoh Soal UTBK Mandiri TKD Saintek Terbaru 2022, Lengkap Beserta Kunci Jawaban

5. Pernyataan yang tidak sesuai dengan data angka pengangguran di atas adalah...

a. Angka pengangguran pada kategori diploma dan sarjana adalah jumlah yang paling sedikit jika dibandingkan dengan kategori dibawahnya.

b. Angka pengangguran lulusan SMA paling mendominasi di antara jumlah kategori lain dengan kisaran angka 4-5 juta orang.

c. Angka pengangguran dari kategori SMA dan SMP adalah jumlah terbanyak jika dibandingkan jumlah di kategori lainnya.

d. Angka jumlah pengangguran keseluruhan kategori mengalami penaikan dan
penurunan di setiap tahunnya.

e. Tidak ada jawaban yang tepat.
 
Baca Juga: Jadwal TV Indosiar Minggu 4 September 2022, Jangan Lewatkan Liga 1 Persib Bandung Vs RANS Nusantara

Kunci Jawaban : b. Angka pengangguran lulusan SMA paling mendominasi di antara jumlah kategori lain dengan kisaran angka 4-5 juta orang.

Pembahasan : Bila dicermati isi tabel, pernyataan tidak tepat jika angka pengangguran tingkat pendidikan SMA sebanyak 4 juta jiwa, melainkan hanya 3,8 juta.

Demikian contoh soal UTBK Saintek terbaru 2022 yang dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasan. Semangat belajar dan semoga sukses.***

Penulis : Rika Wulandari

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X