• Kamis, 27 Januari 2022

Sejarah Sumpah Pemuda, Hasil dari 3 Rapat Para Pelajar Indonesia

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 13:51 WIB
Ilustrasi Sumpah Pemuda (freepix.com)
Ilustrasi Sumpah Pemuda (freepix.com)

Koranmemo.com - Berdasarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Sumpah Pemuda adalah ikrar pemuda-pemudi indonesia.

Ikrar ini digagas oleh persatuan pelajar-pelajar indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh organisasi pemuda lainnya. Ikrar tersebut kemudia melahirkan sebuah sumpah yang dibawa pemuda-pemudi untuk mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia.

Sejarah

Gagasan penyelenggaraan kongres pemuda kedua berasal dari perhimpunan pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat. Sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda.

Rapat Pertama, Gedung Katholieke Jongelingen Bond

Rapat pertama, sabtu 27 oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongelingen Bond (KJB), lapangan banteng. Dalam sambutannya, Soegondo berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda

Acara dilanjutkan dengan uraian Moehammad Jamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, Bahasa, hukum adat, Pendidikan, dan kemauan.

Rapat Kedua, Gedung Oost-Java Bioscoop

Rapat kedua, minggu, 28 oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah Pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, sependapat bahwa anak harus mendapat Pendidikan kebangsaaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis.

Baca Juga: Cara Mengetahui HP Disadap

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tabrak Truk Parkir, Pemuda di Tulungagung Tewas

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:25 WIB

Warga Kras Ditemukan Membusuk di Rumah

Senin, 24 Januari 2022 | 19:12 WIB

Lagi! Frustasi, Warga Blitar Pilih Gantung Diri

Senin, 24 Januari 2022 | 12:00 WIB
X