• Senin, 23 Mei 2022

Gerhana Bulan Sebagian 19 November, Jam Berapa Melihatnya?

- Rabu, 17 November 2021 | 10:38 WIB
Ilustrasi gerhana (istimewa)
Ilustrasi gerhana (istimewa)

koranmemo.comLembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN ) telah mengumumkan akan terjadi Gerhana Bulan Sebagian pada Jumat (19/11) mendatang.

Lapan juga telah memprediksi fenomena ini merupakan salah satu yang terlama yang pernah terjadi.

Mengutip dari laman Edukasi Sains Antariksa Lapan, fase awal penumbra gerhana bulan Sebagian ini tidak bisa disaksikan di seluruh Indonesia karena terjadi pada pukul 13.00 WIB / 14.00 WITA / 15.00 WIT. Hal itu karena bulan masih berada di bawah ufuk dan belum terbit.  
Seluruh Indonesia juga belum bisa melihat fase selanjutnya yaitu fase awal sebagian yang terjadi pada 14.18 WIB / 15.18 WITA / 16.18 WIT.

Baca Juga: Lapan Umumkan Akan Ada Gerhana Bulan Sebagian Jumat 19 November Nanti

Baca Juga: Martapura Dewa United, Tim Pertama yang Lolos Babak 8 Besar Liga 2

Pada puncak gerhana bulan Sebagian, terjadi pukul 16.02 WIB / 17.02 WITA / 18.02 WIT. Oleh karena itu hanya Indonesia bagian timur saja yang bisa menyaksikan seperti Provinsi Papua Barat kecuali Kabupaten Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua dan sebagian Provinsi Maluku (Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara / Kepulauan Kei, Kabupaten Kepulauan Aru).

Selanjutnya, pada fase akhir sebagian, hampir seluruh wilayah di Indonesia dan sebagian kecil daerah Sumatra bisa menyaksikan dan terjadi pada 17.47 WIB / 18.47 WITA / 19.47 WIT.

Sebagian kecil wilayah Sumatra yang bisa menyaksikan adalah sebagian Kepulauan Riau (Kepulauan Natuna dan Anambas) dan Provinsi Bangka Belitung (kecuali Kabupaten Bangka Barat).

Untuk Pulau Jawa, wilayah yang tidak bisa menyaksikan fase ini adalah Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta, Kota / Kabupaten Bekasi, Kota / Kabupaten Depok, Kota / Kabupaten Bogor, Kota / Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat.

Lebih lanjut, pada fase terakhir yaitu fase akhir penumbra terjadi pada 19.05 WIB / 20.05 WITA / 21.05 WIT dan seluruh wilayah Indonesia dapat menyaksikan fenomena ini.

Sebagai informasi, Gerhana Bulan Sebagian ini merupakan gerhana ke-45 dari 71 gerhana yang terjadi dalam Seri Saros-126.

Seri Saros merupakan sekumpulan gerhana yang interval antara dua gerhana yang terjadi secara berurutan mengikuti siklus Saros. Rata – rata durasi siklus ini adalah 18 tahun 11 hari 8 jam dan biasanya Seri Saros bisa terdiri dari 70-80 gerhana.

Reporter: Ahmad Bayu Giandika
Editor: Achmad Saichu

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X