Gempa Bumi di Maluku Utara Dipastikan Tidak Berpotensi Tsunami

- Selasa, 5 April 2022 | 12:12 WIB
Gempa Bumi di Maluku Utara Dipastikan Tidak Berpotensi Tsunami (Dok Media Hallo/M. Rifai Azhari)
Gempa Bumi di Maluku Utara Dipastikan Tidak Berpotensi Tsunami (Dok Media Hallo/M. Rifai Azhari)

koranmemo.com - Gempa bumi yang melanda Maluku Utara pada Selasa (05/04/2022) pukul 08.44 WIB dipastikan tidak berpotensi tsunami karena magnitudonya relatif kecil.

Hingga Selasa ( (05/04/2022) siang, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak ada aktivitas gempa susulan (aftershocks) di Maluku Utara.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,11° LU ; 126,97° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 77 Km arah Barat Laut Loloda, Halmahera Barat, Maluku Utara pada kedalaman 10 km.

Melalui akun twitter @DaryonoBMKG, Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi batuan dalam Lempeng Laut Maluku.

Baca Juga: Simak ! Inilah Makanan dan Nutrisi yang Penting untuk Mencegah Kanker Serviks

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa pada Lempeng Laut Maluku Mag. 5,9 tidak berpotensi tsunami karena magnitudonya relatif kecil untuk dapat menciptakan deformasi dasar laut hingga mengganggu kolom air laut.

Wilayah Laut Maluku merupakan kawasan rawan gempa dan tsunami. Sejarah mencatat di wilayah ini pernah terjadi beberapa gempa kuat dan memicu tsunami seperti yang pernah terjadi pada tahun 1608, 1845, 1852, 1857, 1889, 1907, dan 1939.***

 

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X