Mencengangkan! Portugal Temukan 5 Kasus Cacar Monyet Pada Pria

- Kamis, 19 Mei 2022 | 14:54 WIB
IlustrasiDikabarkan Portugal telah menemukan 5 kasus cacar monyet pada pria, padahal hal tersebut sangat biasa di wilayah Afrika (Pixabay)
IlustrasiDikabarkan Portugal telah menemukan 5 kasus cacar monyet pada pria, padahal hal tersebut sangat biasa di wilayah Afrika (Pixabay)

Koranmemo.com - Otoritas kesehatan Portugal mengkonfirmasi adanya lima kasus cacar monyet (monkeypox) pada pria muda pada Rabu,18 Mei 2022. 

Penemuan kasus cacar monyet pada pria di Portugal ini dianggap sebagai wabah yang tidak biasa di Eropa. Padahal jenis penyakit ini biasa menyerang di Afrika.

Kasus cacar monyet yang menyerang para pria di Portugal disebabkan oleh virus yang bisa ditularkan ke orang lain, tapi sayangnya belum ada perawatan atau vaksin khusus untuk menangani penyakit ini.

Melansir dari The Epoch Times, Direktorat Jenderal Kesehatan Portugal mengatakan mereka juga sedang menyelidiki 15 kasus yang dicurigai dan semuanya diidentifikasi bulan ini di daerah sekitar ibukota, Lisboa.

Baca Juga: Wali Kota Batu Perbolehkan Pedagang Hewan Kurban Berjualan

Semua kasus cacar monyet tersebut menyerang laki-laki, kebanyakan masih usia muda. Selain itu mereka memiliki lesi kulit dan dilaporkan berada dalam kondisi stabil.

Pihak berwenang tidak mengatakan apakah orang-orang itu memiliki riwayat perjalanan ke Afrika atau hubungan dengan kasus yang baru-baru ada di Inggris atau tempat lain.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan kasus cacar monyet yang ditemukan di Inggris terjadi pada pria, terutama pada gay, biseksual atau pria yang berhubungan seks dengan pria, meskipun tidak jelas bagaimana tepatnya orang tersebut telah terinfeksi.

Baca Juga: Prediksi Liga Inggris 20 Mei Chelsea vs Leicester City, Laga Sakit Hati The Blues

Cacar monyet sebelumnya tidak disebarkan melalui hubungan seks, tetapi dapat ditularkan melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, pakaian mereka, atau seprai.

Penyakit cacar monyet termasuk dalam keluarga virus yang termasuk cacar. Kebanyakan orang sembuh dari monkeypox dalam beberapa minggu, tetapi WHO mengatakan bahwa penyakit ini berakibat fatal hingga satu dari sepuluh orang.

Virus ini biasanya menyebar ke orang-orang dari hewan yang terinfeksi seperti tikus, meskipun penularan dari manusia ke manusia telah diketahui terjadi.

Baca Juga: PT Astra Honda Motor Membuka Lowongan Kerja untuk Mengisi Process Engineer, Ini Syaratnya

Keith Neal, seorang ahli penyakit menular di University of Nottingham, mengatakan penularan mungkin tidak terjadi melalui aktivitas seksual tetapi hanya 'kontak dekat yang terkait dengan hubungan seksual.

Monkeypox biasanya menyebabkan demam, menggigil, ruam, dan lesi pada wajah atau alat kelamin yang disebabkan oleh cacar.***

Penulis : Siti Siska Agustina

 
 

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X