• Kamis, 1 Desember 2022

Sejarah Singkat Hari Pramuka yang Selalu Diperingati Pada 14 Agustus

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:37 WIB
Simak sejarah singkat Hari Pramuka yang selalu diperingati pada 14 Agustus jangan sampai kamu melewatkan setiap informasinya (freepik/freepik)
Simak sejarah singkat Hari Pramuka yang selalu diperingati pada 14 Agustus jangan sampai kamu melewatkan setiap informasinya (freepik/freepik)
 
koranmemo.com - Dalam artikel ini kami akan membagikan sejarah Hari Pramuka di dunia. Baca hingga tuntas, ya!
 
Hari Pramuka diperingati setiap tahun pada 14 Agustus. Tak terasa, tahun ini momen bersejarah tersebut sudah memasuki umur ke-61.
 
Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang artinya jiwa muda suka berkarya. Organisasi ini ada di setiap tingkatan pendidikan mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Lantas, bagaimana sejarah dari Hari Pramuka?
 
Untuk menambah wawasan Anda, simak sejarah singkat Hari Pramuka yang akan kami jelaskan berdasarkan dari berbagai sumber terpilih.
 
 
Awalnya, berdirinya pramuka diprakarsai oleh Baden Powell. Pada tahun 1907 ketika Baden Powell yang menjabat sebagai Letnan Jenderal tentara Inggris, ia mengadakan perkemahan pramuka di Pulau Brownsea, Inggris. 

Pengalaman tersebut ia tulis dan dijadikan buku dengan judul “Scouting For Boys”. Buku tersebut tersebar di seluruh penjuru Inggris bahkan beberapa negara lainnya. Hingga akhirnya terbentuklah organisasi pramuka. 

Organisasi ini semula hanya diikuti oleh para anak laki-laki. Namun, ketika tahun 1912 Badan Powell dibantu oleh sang adik Agnes Powell mendirikan organisasi pramuka untuk perempuan 'Girl Guides'. Akhirnya, organisasi kepramukaan tersebut dilanjutkan oleh istri Baden Powell. 

Powell semakin mengembangkan organisasi pramuka. Ia kemudian membentuk organisasi pramuka usia siaga bernama CUB atau anak serigala pada tahun 1961.

Baca Juga: Download di Sini! 15 Link Twibbon Sambut Hari Pramuka 14 Agustus 2022, Berbagai Desain Unik

Organisasi kepramukaan tersebut dilengkapi dengan buku panduan The Jungle Book. Setelah membentuk pramuka untuk usia anak-anak, kemudian Powell mendirikan 'Rover Scout' untuk para remaja usia 17 tahun di tahun 1918. 

Pada 1920, tepatnya pada tanggal 30 Juli hingga 8 Agustus, untuk pertama kalinya diadakan Jambore Dunia. 

Kegiatan tersebut merupakan pertemuan besar antar para anggota pramuka di seluruh dunia. Acara tersebut dilakukan seperti berkemah bersama. 

Jambore pertama ini diadakan di Olympia Hall, London, dengan jumlah peserta sekitar 8.000 anggota pramuka yang berasal dari 34 negara berbeda. 

Dalam acara tersebut Baden Powell dinobatkan sebagai Chief Scout of the World atau Bapak Pandu Sedunia. 

Baca Juga: Logo dan Tema Hari Pramuka ke 61, Beserta Filosofi Lengkapnya

Halaman:

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X