• Sabtu, 30 September 2023

Peran Politik Identitas dan Diaspora dalam Perkembangan Politik Negara Asal

- Selasa, 19 September 2023 | 02:40 WIB
Ilustrasi peran politik identitas dan diaspora dalam perkembangan politik negara asal (Ist)
Ilustrasi peran politik identitas dan diaspora dalam perkembangan politik negara asal (Ist)

KORANMEMO.COM - Praktek politik identitas dan peran diaspora merupakan dua faktor yang berperan penting dalam perkembangan politik negara asal.

Praktek politik identitas dan diaspora saling terkait dan mempengaruhi dinamika politik suatu negara, baik secara internal maupun eksternal.

Praktek politik identitas adalah garis panduan atau keyakinan yang membentuk identitas kelompok atau individu dalam konteks politik. Identitas ini dapat berkaitan dengan ras, agama, etnis, atau bahasa.

Pelaksanaan politik identitas sering kali menjadi pendorong utama dalam mobilisasi dan penentuan sikap politik seseorang atau kelompok.

Perannya dalam perkembangan politik negara asal sangat penting karena mampu menciptakan atau memperkuat solidaritas politik dalam masyarakat.

Baca Juga: Simpel Banget Bund! Ini Resep Jamur yang Mudah Dipratekkan di Rumah

Sebagai contoh, kelompok etnis tertentu yang memiliki identitas politik yang kuat dapat membentuk partai politik khusus untuk memperjuangkan kepentingan mereka.

Identitas politik juga dapat menjadi dasar bagi kelompok tertentu untuk memperoleh dukungan massa atau pendukung dalam pemilihan umum.

Selain itu, praktek politik tersebut juga dapat berperan dalam penentuan kebijakan negara.

Negara yang memiliki keragaman etnis, agama, atau budaya dapat menerapkan kebijakan yang menjaga keberagaman tersebut sebagai bentuk pengakuan terhadap identitas politik masyarakatnya.

Sementara itu peran diaspora juga tidak kalah penting dalam perkembangan politik negara asal.

Diaspora merujuk pada kelompok etnis atau individu yang tinggal di luar negeri namun masih memiliki ikatan kuat dengan negara asal mereka.

Diaspora sering kali memiliki potensi besar dalam mempengaruhi perkembangan politik di negara asal mereka.

Diaspora dapat berperan sebagai pejuang demokrasi dengan melakukan aksi-aksi politik di luar negeri atau mendukung gerakan perlawanan di negara asal mereka.

Halaman:

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X