• Sabtu, 21 Mei 2022

Ratusan Kakek Nenek di Kota Kediri Dapatkan Vaksin Booster

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:29 WIB
Vaksinasi.
Vaksinasi.

Kediri, koranmemo.com - Pemandangan tak biasa, tampak di lobby RSUD Kilisuci Kota Kediri, Sabtu, (15/1). Ada setidaknya 200 kakek dan nenek yang tengah mengantre, saling bergantian untuk mendapatkan suntikan vaksin booster Covid-19.

Kondisi ini dibenarkan oleh dr. Fauzan Adima, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri bahwa saat ini Pemerintah Kota Kediri tengah berfokus untuk memberikan suntikan vaksin booster kepada warga Kota Kediri berusia 50 tahun keatas.

“Setelah selesai dengan booster untuk para nakes di Kota Kediri, selanjutnya kami prioritaskan untuk masyarakat Kota Kediri yang berusia 50 tahun keatas,” ungkapnya, Sabtu, (15/1).

Dijelaskan pula olehnya bahwa vaksin booster ini berfungsi untuk memperkuat imunitas tubuh yang sebelumnya telah terbentuk.

Baca Juga: Apel Hijau di Wisata Coban Rais, Wali Kota Batu Ajak Anak Didik Tanam Pohon

Hal ini lantaran pada vaksinasi dosis 1 dan 2 berdasarkan penelitian hanya bertahan 6 bulan sampai 1 tahun.

“Nah ini kan dosis 1 sudah hampir satu tahun, rata-rata sudah 6 bulan keatas makanya dosis 3 dikhususkan untuk masyarakat yang dosis 2 nya sudah mencapai 6 bulan atau lebih,” terangnya.

“Fungsinya supaya imunitas dan kekebalan yang didapatkan selama 6 bulan atau lebih itu tidak habis atau tidak hilang dari tubuh. Makanya perlu ditambahi dosis 3, sehingga lebih kebal lagi. Tujuannya tentu untuk mencapai kekebalan komunal,” imbuh dr. Fauzan.

Sementara itu, untuk jenis vaksin yang digunakan pada kesempatan ini merupakan vaksin jenis AstraZeneca bagi yang vaksin dosis 1 dan 2 adalah Sinovac.

Baca Juga: Omicron Masuk Malang, Ibu dan 2 Balita Dikarantina: Tertular dari Suami

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X