• Sabtu, 21 Mei 2022

Efektif Atasi Kendala Permodalan UMKM, Pencairan Kurnia Tembus Rp 2 M

- Minggu, 16 Januari 2022 | 16:11 WIB

Kediri, koranmemo.com - Perkembangan potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Kediri tidak terlepas dari peran dukungan pemkot Kediri.

Melalui Dinas Koperasi dan UMTK, Pemkot Kediri menggagas program Kredit Usaha Melayani Warga Kota Kediri (Kurnia) dengan dasar Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Pengembangan Mikro.

Dan belum genap setahun program ini diluncurkan, sudah tercatat ada 121 peserta program Kurnia dengan total pencairan mencapai Rp.2 Miliar.

Kebijakan tersebut diambil mengingat kendala yang dialami UMKM terkait permasalahan permodalan.

Baca Juga: Ponpes di Ponorogo Ini Sukses Tingkatkan Kesejahteraan Akibat Tanaman Porang

Program inovasi yang diluncurkan pada tahun 2021 ini ditempuh Pemkot Kediri guna memudahkan pelaku UMKM dalam mengakses permodalan guna meningkatkan daya saingnya, sehingga diharapkan dapat memperlebar sayapnya ke skala usaha yang lebih besar.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri, Bambang Priyambodo, program tersebut dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk bangkit akibat pandemi Covid-19.

"Program ini merupakan implementasi program dari Kediri melawan rentenir," ujarnya.

Bambang juga mengungkapkan bahwa program Kurnia memang memberikan suku bunga yang sangat rendah, hanya 2 persen per tahun.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X