• Selasa, 24 Mei 2022

Pemilu di Indonesia Selalu Dilaksanakan Rabu, Ini Alasannya

- Selasa, 25 Januari 2022 | 13:05 WIB
Pemilihan umum selalu dilaksanakan Rabu karena menghindari hari kejepit (Dok Media Hallo/M. Rifai Azhari)
Pemilihan umum selalu dilaksanakan Rabu karena menghindari hari kejepit (Dok Media Hallo/M. Rifai Azhari)

koranmemo.com - Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 2024 sudah disepakati oleh KPU dan pemerintah, dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024.

Penetapan waktu pemilihan umum pada Rabu ini sama seperti penetapan pelaksanaan pemilihan umum sebelumnya yang juga dilaksanakan Rabu.

Apakah pilihan Rabu sebagai waktu pelaksanaan Pemilu ini kebetulan ? Ternyata tidak. Pilihan Rabu sebagai waktu pemilihan umum ternyata ada alasannya.

Baca Juga: 3 Manfaat Google My Business yang Harus Pebisnis Pemula Ketahui

Dilansir koranmemo.com dari berbagai sumber, tujuan memilih Rabu sebagai waktu pelaksanaan pemilihan, dikarenakan Rabu tidak berhimpitan dengan hari libur akhir pekan.

Rabu merupakan hari efektif dan paling rasional guna memaksimalkan tingkat kehadiran masyarakat dalam menyampaikan hak pilihnya.

Rabu juga merupakan hari yang pas untuk menghindari kecilnya partisipasi masyarakat dalam memilih saat pencoblosan.

Baca Juga: Jelang Pertemuan dengan PM Singapura, Ini yang Dilakukan Presiden Jokowi

Jika Pemilu diputuskan dilaksanakan Selasa atau Kamis, maka ada kemungkinan pemilih berkurang sebab ada hari kejepit yakni Senin dan Jumat

Jika Pemilu dipilih dilaksanakan hari Selasa atau Kamis, pemilih kemungkinan menggunakannya sebagai libur panjang karena ada hari kejepit sehingga dikhawatirkan absen dari pemilihan.

Halaman:

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X