• Selasa, 24 Mei 2022

Bertemu Perdana Menteri (PM) Singapura, Presiden Jokowi Bahas Kerjasama Bilateral  

- Selasa, 25 Januari 2022 | 15:54 WIB
Presiden Jokowi menerima kunjungan PM Singapura Lee Hsien Loong membahs kerjasama bilateral dan isu kawasan ( BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Jokowi menerima kunjungan PM Singapura Lee Hsien Loong membahs kerjasama bilateral dan isu kawasan ( BPMI Setpres/Muchlis Jr)

koranmemo.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong, membahas sejumlah isu mulai dari kerjasama bilateral hingga perkembangan isu di kawasan.

Pembahasan kerjasama bilateral dua negara ini menjadi topik pertemuan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong dalam pertemuan di The Sanchaya Resort Bintan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa, (25/01)

“Pertemuan saya dan PM Lee membahas upaya penguatan kerja sama bilateral di berbagai bidang, terutama di bidang ekonomi, dan saling tukar pandangan mengenai berbagai isu di kawasan,” ujar Presiden Jokowi, Selasa, (25/01) seperti dilansir laman resmi Sekretaris Kabinet RI.

Baca Juga: Kecantikan dan Gaya Casual Suzy Terpancar dalam Unggahan Foto Terbarunya di Instagram

Pembahasan kerjasama bilateral antara dua negara ini di antaranya :
Pertama, di bidang ekonomi kedua pemimpin sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam upaya pemulihan ekonomi di kedua negara. Presiden menyampaikan, Singapura merupakan investor terbesar Indonesia dengan nilai investasi pada Januari-September 2021 mencapai 7,3 miliar Dolar Amerika Serikat (AS).

“Pertemuan retreat mencatat adanya investasi baru senilai 9,2 miliar Dolar AS , antara lain di bidang energi baru terbarukan di sekitar Batam serta Pulau Sumba dan Manggarai Barat, NTT; serta pembangunan hub logistik di Pelabuhan Tanjung Priok,” ujar Jokowi.

Untuk mendukung iklim investasi hijau, dalam rangkaian pertemuan ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU kerja sama energi dan MoU kerjasama green and circular economy development.

“Investasi di bidang energi dan energi terbarukan terus menjadi prioritas pemerintah Indonesia dalam rangka memajukan ekonomi hijau dan berkelanjutan,” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: 5 Buah untuk Cegah Vertigo, Mudah Didaptkan dan Murah Lho!

Kedua, kedua negara juga menandatangani dokumen kerja sama di bidang keuangan untuk menjaga stabilitas finansial dan moneter guna mendukung pemulihan ekonomi. Sebelumnya, pada November 2021 kerja sama Local Currency Bilateral Swap Agreement (LCBSA) dan Bilateral Repo Line antara Indonesia – Singapura telah diperpanjang selama satu tahun.

Halaman:

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X