• Kamis, 7 Juli 2022

Marak Penipuan Jelang Lebaran, Gubernur Jatim Khofifah : Modusnya Sumbangan ke TPQ dan Panti Asuhan

- Senin, 25 April 2022 | 10:35 WIB
Gubernur Jatim Khofifah imbau Penipuan Jelang Lebaran dengan Modus Sumbangan ke TPQ dan Panti Asuhan  (instagram/@khofifah_ip)
Gubernur Jatim Khofifah imbau Penipuan Jelang Lebaran dengan Modus Sumbangan ke TPQ dan Panti Asuhan (instagram/@khofifah_ip)

koranmemo.com - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melalui akun instagram mengimbau masyarakat waspada penipuan yang marak terjadi jelang lebaran.

Menurut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, mendekati lebaran marak penipuan berkedok shodaqoh dan amal dengan sasaran kalangan masyarakat secara umum.

Bahkan, ada oknum yang memakai nama Khofifah yang mirip dengan nama Gubernur Jawa Timur dalam melakukan upaya penipuan dengan modus meminta sumbangan untuk disalurkan ke TPQ dan Panti Asuhan.

Baca Juga: Kue Pai Kacang Gula Merah ala chef Devina Hermawan, Hidangan Gurih Saat Lebaran, Ini Resepnya

",Akun whatsapp palsu tersebut menggunakan foto saya dengan nama "Khofifa". Modusnya, ingin membagikan bantuan ke TPQ dan Panti Asuhan." tulis Gubernur Khofifah di akun instagram @khofifah_ip.

Melihat kondisi tersebut, Khofifah juga meminta masyarakat untuk aktif membaca terkait upaya-upaya pendukung yang bisa mengatasi kasus penipuan.

"Kepada seluruh masyarakat Indonesia. Mohon untuk berhati-hati dan waspada apabila ada yang menghubungi dan mengatasnamakan *khofifa* mirip nama saya melalui pesan whatsapp." imbaunya.

Baca Juga: Kemenag Buka Pendaftaran Seleksi Imam Masjid di Timur Tengah, Ini Syarat dan Ketentuannya

Ia pun berbagi tips untuk menghindarkan masyarakat dari kasus penipuan. Salah satunya adalah dengan melakukan cek nomor telepon seseorang yang diduga akan atau sedang melakukan penipuan.

"Saat ini mudah bagi masyarakat untuk mengecek nomor telepon tersebut apakah bisa terpercaya atau tidak. Bisa dengan menggunakan aplikasi yang bisa diunduh secara cuma-cuma di smartphone masing-masing," sambungnya.

Halaman:

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fajar/Rian Juarai Indonesia Masters 2022

Minggu, 12 Juni 2022 | 17:06 WIB
X