• Selasa, 9 Agustus 2022

Petani Trenggalek Lestarikan Tradisi Lempar Kepala Kerbau, Wujud Syukur Keberadaan Dam Bagong

- Jumat, 3 Juni 2022 | 14:21 WIB
Warga saat berebut potongan kepala kerbau yang di larung di Dam Bagong Trenggalek (angga/memo)
Warga saat berebut potongan kepala kerbau yang di larung di Dam Bagong Trenggalek (angga/memo)

Trenggalek, koranmemo.com-Para petani di sekitar kawasan Dam Bagong di Kelurahan Ngantru Kabupaten Trenggalek menggelar tradisi adat lempar kepala kerbau untuk kemudian diperebutkan oleh warga, Jumat (3/6).

Upacara adat yang sudah berlangsung sejak bertahun-tahun silam itu sebagai bentuk syukur dan mengenang jasa Menak Sopal karena berhasil membangun dam yang saat ini telah mengairi ratusan hektare area pertanian di Bumi Menak Sopal.

Sebelum prosesi pelemparan kepala kerbau dalam upacara adat bersih Dam Bagong atau yang lebih dikenal nyadran ini, potongan kepala kerbau terlebih dahulu diarak keliling kampung hingga menuju makam sesepuh, Ki Ageng Menak Sopal yang disebut sebagai Pahlawan Tani oleh masyarakat Trenggalek. Para petani dan masyarakat sekitar melakukan ziarah makam.

Baca Juga: Biodata dan Agama Jimin BTS, ARMY Wajib Tahu!

Usai melewati sejumlah rangkaian, acara yang paling dinanti warga adalah proses berebut kepala kerbau serta aneka tulang dan kulit kerbau yang dilempar ke dalam Dam Bagong.

Sontak saja, warga yang sudah menunggu langsung menceburkan diri ke dalam dam untuk memperebutkannya.

Tradisi itu hingga saat ini terus dilestarikan oleh para petani, tepatnya diselenggarakan di Bulan Selo pada Jumat Kliwon penanggalan jawa.

Baca Juga: Lowongan Kerja Dibuka PT Mega Marine Pride Pasuruan, Butuh Tenaga Lulusan SMK, Ini Syaratnya

“Upacara adat ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus mengenang jasa Ki Ageng Menak Sopal yang telah membangun Dam Bagong sehingga dapat mengairi ratusan hektar area persawahan,” kata Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin.

Kepala kerbau yang dilempar itu merupakan simbol dari pengorbanan sekaligus pengganti kepala gajah putih yang konon digunakan untuk sesaji proses pembangunan dam.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fajar/Rian Juarai Indonesia Masters 2022

Minggu, 12 Juni 2022 | 17:06 WIB
X