• Senin, 26 September 2022

Penetapan Idul Adha 2022 Masih Menunggu Sidang Isbat dari Kemenag, Ini Penjelasannya

- Rabu, 15 Juni 2022 | 08:38 WIB
Sidang Isbat Penentuan Idul Adha Digelar Kemenag pada 29 Juni (Ilustrasi/PR)
Sidang Isbat Penentuan Idul Adha Digelar Kemenag pada 29 Juni (Ilustrasi/PR)

koranmemo.com - Libur hari raya keagamaan pada perayaan Idul Adha 2022 ini jatuh pada tanggal 9 Juli dimana di kalender masehi sudah ditandai dengan tanggal merah.

Namun penetapan Idul Adha 2022 ini tetap menunggu hasil sidang isbat awal Zulhijjah pada 29 Zulkaidah 1443 H atau bertepatan pada Rabu, 29 Juni 2022.

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH. Thamrin, Jakarta untuk menetapkan Idul adha 1443 H.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Jatim Rabu 15 Juni 2022, Hujan Lebat Disertai Petir di Sejumlah Daerah, BMKG Imbau Waspada

“Kami akan menggelar Sidang Isbat Awal Zulhijah pada 29 Juni 2022 untuk menetapkan Idul adha 1443 H. Ini merupakan layanan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelaksanaan terkait ibadah di bulan Zulhijah,” ujar Adib, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Ditjen Bimas Islam Kemenag, Selasa (14/6/2022), seperti dilansir laman resmi Kemenag.

Kata Adib, Sidang Isbat Awal Zulhijah pada 29 Juni 2022 untuk menetapkan Idul adha 1443 H. Ini merupakan layanan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelaksanaan terkait ibadah di bulan Zulhijah.

Pelaksanaan sidang isbat menurut Adib, merupakan bagian penting dari tugas Kemenag, khususnya Ditjen Bimas Islam. Karenanya, dia meminta semua pihak yang terlibat untuk mempersiapkan diri secara maksimal.

Baca Juga: KPU Kabupaten Kediri Lakukan Sosialisasi Pemilu Serentak

“Belajar dari sidang isbat yang sudah kita laksanakan yaitu Sidang Isbat Awal Ramadan dan Sidang Isbat Awal Syawal, meski resonansi Sidang Isbat Awal Zulhijah tidak sekuat sidang-sidang tersebut, tapi tetap perlu persiapan yang maksimal,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Hisab Rukyat dan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, Ismail Fahmi menjelaskan, Sidang Isbat Awal Zulhijah akan terbagi dalam tiga tahap.

Halaman:

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat! Sisca Kohl dan Jess No Limit Resmi Tunangan

Jumat, 26 Agustus 2022 | 06:10 WIB
X