Gencarkan Konsumsi Makan Ikan, Ini Yang Dilakukan Dinas Perikanan Lamongan 

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 13:20 WIB
Masyarakat Desa Deketkulon Kecamatan Deket Kabupaten mengikuti pelatihan pengolahan ikan. (Suprapto/memo)
Masyarakat Desa Deketkulon Kecamatan Deket Kabupaten mengikuti pelatihan pengolahan ikan. (Suprapto/memo)

Lamongan, koranmemo.com - Pemerintah Kabupaten Lamongan gencar melakukan sosialisasi dengan Kampanye GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). 

Upaya tersebut salah satunya dengan memberikan pelatihan pengolahan ikan yang dilakukan Dinas Perikanan setempat  dengan menggelar pelatihan pengolahan peningkatan mutu nilai tambah produk perikanan di Balai Desa Deketkulon Kecamatan Deket, Jumat (07/10/2022).

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Maryatin mengatakan dengan adanya pelatihan pengolahan beragam olahan ikan ini, diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Baca Juga: Mbandel, Sejumlah Kendaraan Roda 4 di Ponorogo Diborgol Petugas Gabungan

"Program pelatihan itu merupakan wujud upaya Dinas Perikanan dalam meningkatkan ketertarikan masyarakat akan konsumsi ikan sekaligus meningkatkan kompetensi dan mutu sumber daya manusia (SDM) di berbagai wilayah Kabupaten Lamongan," ujarnya.

Melalui pelatihan pengolahan ikan ini, lanjut Maryatin, diharapkan kedepan kepada peserta mempunyai ilmu bisa mengolah ikan dengan berbagai varian sehingga disamping untuk konsumsi pribadi juga bisa dipasarkan mempunyai nilai tambah terkait dengan pengolahan ikan tersebut.

"Nantinya bisa menumbuhkan UMKM, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," tambahnya 

Baca Juga: Kios Terbakar, Pedagang Pasar Simo Ngawi Berhamburan

Maryatin menjelaskan dalam pelatihan ini, selain mendapatkan peralatan masak secara gratis para peserta juga mendapatkan materi tentang cara pembuatan olahan makanan dari bahan dasar ikan bandeng yang diolah menjadi naget dan sambal ikan asap. 

"Jika selama ini masyarakat dalam pengolahan ikan hanya monoton seperti digoreng ataupun lainnya, namun di pelatihan ini masyarakat diberikan pengetahuan sekaligus dilatih mengenai pengolahan ikan dengan cara baru seperti dijadikan nugget dan sambal ikan asap," jelasnya. 

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X