Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2022, Ini Kriterianya

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:59 WIB
Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2022
Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2022

koranmemo.com - Kegiatan Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2022, Ini Kriterianya

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang pembentukannya diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018 mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila. 

Tugas lain BPIP, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standarisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada Lembaga Tinggi Negara, kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Organisasi Sosial Politik, dan komponen masyarakat lainnya.

Hal ini senada dengan Peraturan BPIP RI Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Tahun 2020 – 2024 yang memberikan arah untuk mendorong penguatan praktik positif (positive reinforcement) dengan proses apresiasi dan penghargaan yang pantas (reward) agar Pancasila dapat dialami dalam praksis hidup yang dapat dilihat, dicontoh, dan menjadi keteladanan yang memberi inspirasi bagi banyak orang. 

Baca Juga: Wisata Sepatu Branded Saroga di Lamongan, Ada Sepatu Bekas Artis Seperti Ariel Noah, Ini Lokasinya

Sehubungan dengan itu, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila menyusun kegiatan tahunan Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila yang dimaksudkan sebagai apresiasi terhadap putra-putri terbaik di seluruh penjuru tanah air yang senantiasa gigih berkarya dan menorehkan prestasi yang berdampak baik bagi negara dan bangsa Indonesia. 

Para peraih Ikon Prestasi Pancasila juga diharapkan dapat menjadi mitra strategis bagi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dalam setiap upaya pembumian nilai-nilai Pancasila yang teraktualisasi dalam laku hidupnya sehingga mampu menjadi inspirasi nyata di seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan ini dimulai sejak tahun 2017 oleh Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) dengan memilih sejumlah 72 Ikon Prestasi Pancasila yang bertepatan dengan angka tahun peringatan Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. 

Sehubungan dengan masa peralihan dan revitalisasi organisasi menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), penyelenggaraan kegiatan Ikon Prestasi Pancasila baru kembali diselenggarakan pada tahun 2019 dengan memilih sejumlah 74 Ikon. 

Baca Juga: Resep Bakmie Goreng ala Chinese Resto dari Chef Devina Hermawan, Menu Mie yang Beda dan Dijamin Enak

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X