• Senin, 26 September 2022

Etika Memandikan Jenazah

- Rabu, 1 Desember 2021 | 12:26 WIB
Ilustrasi jenazah (istimewa)
Ilustrasi jenazah (istimewa)

koranmemo.com - Mengurus dan memandikan jenazah adalah salah satu kewajiban bagi seorang muslim yang bersifat kifayah. Yakni kewajiban yang bila sudah dilakukan oleh sebagian orang, maka gugurlah kewajiban yang lainnya.

Mengurus jenazah ini adalah dimulai dari memandikan, mengkafani, mensholati hingga mengubur jenazah. Mengurus jenazah pertama kali yang dilakukan adalah dengan memandikan.

Mengurus jenazah dengan diawali memandikan harus mengetahui etika dan adabnya. Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Seringkali kita mendapati seseorang memandikan jenazah sembarangan, tanpa memperhatikan etika.

Baca Juga: Hindari Miss Data, Pemkot Kediri Berkomitmen Bentuk 'Satu Data Kota Kediri'

Baca Juga: Operasi Zebra Semeru 2021 Selesai, Ini Harapan Kasatlantas Polres Kediri Kota

Inilah yang membuat kita prihatin  karena meski memandikan jenazah yang sudah tidak bernyawa, etika tetap harus diperhatikan. Apa saja etika memandikan jenazah. Berikut rinciannya :  

1. Saat memandikan jenazah jangan sampai terlihat orang lain yang bukan mahramnya.
Etika memandikan jenazah adalah dengan memandikan di tempat yang terjaga dari pandangan orang lain yang bukan keluarga.

Tujuannya, untuk menjaga aurat jenazah dari pandangan seseorang yang bukan mahram. Untuk itu, kebiasan memandikan jenazah yang dilakukan di luar rumah atau di tempat terbuka yang kadang bahkan menjadi tontonan harus diubah dan diluruskan.

2. Harus dilakukan atau didampingi orang yang mengetahui tata cara memandikan jenazah
Meski terdengar sepele karena hanya memandikan jenazah, tidak semua orang memahami tata cara memandikan jenazah sesuai syariat Islam. Untuk itu bila yang memandikan adalah keluarga tetapi tidak tahu caranya maka harus didampingi oleh yang sudah memahami atau ahlinya.

Di lingkungan kita biasanya yang mendampingi atau mengarahkan bagaimana memandikan jenazah adalah perangkat kelurahan yang biasa disebut modin. Syarat yang boleh memandikan jenazah adalah muslim, berakal, sholeh, amanah, tahu adab dan tata cara memandikan jenazah.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X