Selesai Baca Al Fatihah Saat Sholat, Ucapkan 'aamiin' ! Ini Keutamaannya

- Selasa, 7 Desember 2021 | 17:08 WIB
Ilustrasi Sholat (istimewa)
Ilustrasi Sholat (istimewa)

koranmemo.com - Setiap sholat fardhu berjamaah, sebagai makmum kita mengucapkan 'aamiin' ketika imam selesai membaca surah Al Fatihah. Membaca 'aamiin' dilakukan makmum bersamaan dengan suara keras. Mengucapkan 'aamiin' ini adalah sunnah sekaligus anjuran Rasulullah SAW.

Mengucapkan 'aamiin' membawa keutamaan bagi makmum yang mengucapkannya. Sebab dengan mengucap 'aamiin' dosa kecil yang telah lalu diampuni oleh Allah SWT.     

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا قَالَ الْإِمَامُ  غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ فَقُولُوا آمِينَ فَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ تَقُولُ آمِينَ وَإِنَّ الْإِمَامَ يَقُولُ آمِينَ فَمَنْ وَافَقَ تَأْمِينُهُ تَأْمِينَ الْمَلَائِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya : “Jika imam membaca ‘ghoiril maghdubi ‘alaihim wa laaddhoolliin’, maka ucapkanlah ‘aamiin’ karena malaikat akan mengucapkan pula ‘aamiin’ tatkala imam mengucapkan aamiin. Siapa saja yang ucapan aamiin-nya berbarengan dengan ucapan ‘aamiin’ malaikat, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. An-Nasa’i dan Ibnu Majah)

Baca Juga: Tiga Sebab Seseorang Terhalang Mendapat Hidayah Allah SWT

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan, Bisa Untuk Obati Kista

Imam Nawawi Rahimahullah dalam kitab karangannya, Al-Majmu’ menerangkan bahwa membaca 'aamiin' disunnahkan bagi setiap orang yang sholat. Dibaca setelah membaca Al-Fatihah. Baik dia sebagai imam atau  makmum, baik laki-laki maupun perempuan dan anak-anak.

Berlaku bagi orang yang sholat sambil berdiri, duduk, atau sambil berbaring karena adanya uzur. Membaca 'aamiin' juga berlaku bagi orang yang melaksanakan shalat wajib dan shalat sunnah baik shalatnya sirr (bacaannya lirih) maupun shalat jahar (bacaannya keras).

Karena manfaat dan keutamaannya besar, saat sholat baik sebagai makmum atau imam seyogyanya kita membaca 'aamiin' setelah selesai membaca surah Al Fatihah.. Meski bila tidak membacanya sholat kita tetap sah.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sholat Idul Adha, Ini Tata Cara dan Urutannya

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:23 WIB
X