• Kamis, 6 Oktober 2022

Tiga Pintu Rezeki Yang Perlu Kita ketahui

- Minggu, 19 Desember 2021 | 09:31 WIB
Terdapat 8 pintu rezeki dalam Islam yang terkandung dalam Alquran. (Pixabay)
Terdapat 8 pintu rezeki dalam Islam yang terkandung dalam Alquran. (Pixabay)


koranmemo.com - Setiap orang pasti bekerja atau mempunyai usaha untuk memperoleh pendapatan berupa rezeki dari Allah SWT. Rezeki dari Allah berupa harta atau uang digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dan Allah SWT sudah menyampaikan pintu rezeki melalui firmannya ataupun dari sunnah Rasulullah SAW.

Allah SWT berfirman, yang artinya :
"Dan tidakkah mereka mengetahui bahwa Allah melapangkan rezeki dan menyempitkannya bagi siapa yang dikehendaki-Nya? Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang beriman. (Q.S Az Zumar : 52)

Baca Juga: Bersedekah Pada Orang-Orang Ini, Rezeki Anda Akan Mengalir Deras

Jalan berupa pintu rezeki akan datang dengan tanpa kita sadari darimana datangnya. Karena Allah SWT sudah menyampaikan bahwa Allah SWT bisa melapangkan dan menyempitkan rezeki seseorang. Untuk itu kita harus yakin bahwa Allah SWT akan melapangkan rezeki kita melalui pintu rezeki. Apa saja pintu rezeki tersebut :

1. Beriman dan bertakwa
Pintu rezeki yang pertama adalah beriman dan bertakwa. Ini berarti jika kita memenuhi hak-hak Allah maka Allah akan membukakan pintu rezeki bagi kita.

Allah SWT berfirman :

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Artinya : "Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.( Q.S Al-A'raf : 96)

Ayat ini menegaskan bahwa menjaga ketaatan kepada Allah SWT adalah pintu rezeki yang utama.

2. Berbuat baik pada orang lemah.
Rasulullah SAW bersabda :
“Umat ini akan ditolong lewat perantara orang orang lemah, dikarenakan doa, shalat dan keikhlasan mereka”. (HR. Bukhari)

Halaman:

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X