• Kamis, 7 Juli 2022

Simak Keutamaan Puasa Arafah, Lengkap Beserta Bacaan Niat

- Kamis, 23 Juni 2022 | 18:57 WIB
Menjelang Idul Adha beberapa umat Islam biasa laksanakan Puasa Arafah, adapun keutamaan yang harus diketahui beserta bacaan niat (Freepik)
Menjelang Idul Adha beberapa umat Islam biasa laksanakan Puasa Arafah, adapun keutamaan yang harus diketahui beserta bacaan niat (Freepik)

koranmemo.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha ada beberapa amalan sunnah yang bisa dilaksanakan umat Muslim, salah satunya Puasa Arafah. Ibadah ini memiliki banyak keutamaan penting jika ditunaikan.

Puasa Arafah hukumnya sunnah yang dikerjakan pada 9 Dzulhijah. Salah satu keutamaannya yaitu dapat menghapus dosa setahun sebelumnya dan setahun yang akan datang.

Keutamaan dari Puasa Arafah ini tertulis dalam hadist riwayat Muslim sebagaimana dijelaskan Imam an-Nawawi dalam Kitab Riyadhush Shalihin.

Baca Juga: Kata Buya Yahya, Membacakan Al Fatihah pada Orang Yang Masih Hidup Adalah Kebaikan

Dari Abu Qatadah RA berkata, "Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai puasa Arafah, maka beliau menjawab, 'Puasa tersebut dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang."

Imam Muslim juga meriwayatkan mengenai puasa sunnah yang dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu selain Puasa Arafah. Puasa tersebut adalah Asyura.

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Baca Juga: Selesai Baca Al Fatihah Saat Sholat, Ucapkan 'aamiin' ! Ini Keutamaannya

Artinya: "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu."

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sholat Idul Adha, Ini Tata Cara dan Urutannya

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:23 WIB
X