• Selasa, 27 September 2022

Bolehkah Berkurban Ikut Muhamadiyah Tapi Sholat Idul Adha Ikut Pemerintah? Berikut Hukum dan Ketentuannyaa

- Senin, 4 Juli 2022 | 11:49 WIB
Muncul beberapa pertanyaan dari masyarakat, mengenai hukum berkurban mengikuti Muhamadiyah namun sholat Idul Adgha ikut pemerintah (Rolf Schmidbauer/unsplash.com)
Muncul beberapa pertanyaan dari masyarakat, mengenai hukum berkurban mengikuti Muhamadiyah namun sholat Idul Adgha ikut pemerintah (Rolf Schmidbauer/unsplash.com)

 

Koranmemo.com – Pada 29 Juni lalu, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan hari Raya Idul Adha 1443 H yang jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022 dalam Telekonferensi Sidang Isbat. Sedangkan Muhammadiyah menyampaikan akan melaksanakan hari raya kurban pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Adanya perbedaan penetapan Hari Raya Idul Adha itu pun, memicu berbagai macam pertanyaan dari masyarakat. Salah satunya, bagaimana hukumnya jika seseorang menyembelih hewan kurban menurut penetapan muhammadiyah dan sholat Idul Adha-nya mengikuti pemerintah?

Untuk menjawab kegelisahan dari beberapa masyarakat, akhirnya Fuad Zein menjelaskan hukum terkait penyembelihan kurban ikut Muhammadiyah, dan untuk sholat Idul Adha ikut pemerintah.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Begini Kondisi Pedagang Kambing di Jombang

Dalam seminar Idul Adha yang digelar di Aula Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan pada Sabtu kemarin. Fuad Zein selaku Ketua Divisi Fatwa Mejelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah menjelaskan hukum mengenai kasus, penyembelihan hewan kurban sebelum menlaksanakan sholat Id.

Menurut Fuad, ketentuan menyembelih kurban seharusnya dilaksankan setelah menjalakan sholat Id, dan mereka yang melakukan sembelih sebelum sholat Id maka kurbannya tidak sah.

Seperti dalam sebuah hadis yang menjelaskan seharusnya penyembelihan kurban setelah melaksanakan sholat Id. “Wahai Rasullullah, aku telah menyebelih kambing sebelum Idul Adha. Aku tahu bahwa hari itu adalah hari untuk makan dan minum.

Baca Juga: Dapat Buntut Sapi Saat Idul Adha Resep Buntut Goreng Kremes Sambal Balado ala Chef Devina Hermawan Bisa Dicoba

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X