• Jumat, 30 September 2022

Meninggal Dunia Saat Menjalankan Ibadah Haji Justru Tidak Akan Dihisab, Ini Penjelasannya

- Selasa, 12 Juli 2022 | 13:58 WIB
Meninggal Dunia Saat Menjalankan Ibadah Haji Justru Tidak Akan Dihisab
Meninggal Dunia Saat Menjalankan Ibadah Haji Justru Tidak Akan Dihisab

koranmemo.com - Saat menjalankan ibadah haji, jamaah haji asal Indonesia selalu ada yang meninggal dunia, padahal ibadah haji belum tuntas dilakukan. Lantas bagaimana hukumnya ? Ternyata justru orang Islam yang meninggal dalam perjalanan ibadah haji tidak akan mendapat hisab.

Keterangan bahwa orang Islam yang meninggal dalam perjalanan ibadah haji tidak akan mendapat hisab berdasar keterangan dalam kitab At-Targhib Wat-Tarhib karangan Syekh Imam al- Hafidh 'Abdul Adhim bin 'Abdul Qowiy al- Mundziri bahwa,

"barangsiapa yang pergi untuk menunaikan haji dan umroh, di tengah perjalanan ia meninggal dunia maka ia tidak akan diajukan dalam persidangan akhirat dan tidak akan dihisab, dan akan dikatakan kepadanya "Masuklah ke dalam surga."

Baca Juga: Via Vallen dan Chevra Yolandi Umumkan Pernikahan, Acara Digelar 5 Hari Berturut-turut

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra Rasulullah SAW bersabda, yang artinya :

"Barang siapa yang pergi haji kemudian meninggal dunia di tengah perjalanannya, maka dituliskan baginya pahala haji sampai hari kiamat. Dan barangsiapa pergi Umroh lalu di tengah perjalanan ia meninggal dunia, maka dituliskan baginya pahala umroh sampai hari kiamat. Dan barangsiapa pergi untuk berjihad, kemudian ia meninggal dunia di tengah perjalanan yang sama maka akan dituliskan baginya pahala Mujahid sampai hari kiamat."

Sementara itu, Kepala Satuan Operasional (Kasatop) Arafah, Muzdalif, dan Mina (Armuzna) Nasrullah Jasam mengatakan, selama fase puncak haji, sejak 8 Zulhijjah 1443 H atau 7 Juli 2022, ada 14 jemaah yang wafat, baik di Makkah, Arafah, maupun Mina.

Baca Juga: Inilah Sosok Mas Bechi, Viral Lantaran Kasus Pencabulan Santriwati

“Data siskohat mencatat sejak awal fase Armuzna sampai hari ini, ada 14 jemaah yang wafat,” terang Nasrullah di Makkah, Senin (11/7/2022), seperti dilansir dari laman resmi Kemenag, .

“Total jemaah haji Indonesia yang wafat sejak awal keberangkatan pada 4 Juni 2022 hingga hari ini berjumlah 41 orang,” sambungnya.

Halaman:

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X