• Jumat, 30 September 2022

Mengenal Wisata Pendakian Gunung Prau yang Punya Golden Sunrise

- Selasa, 26 Juli 2022 | 10:10 WIB
Mengenal Wisata Pendakian Gunung Prau yang Punya Golden Sunrise
Mengenal Wisata Pendakian Gunung Prau yang Punya Golden Sunrise

Koranmemo.com - Gunung Prau adalah gunung yang menjadi tujuan utama para pendaki yang ingin menikmati golden sunrise di gunung ini yang tersohor. Gunung ini juga semakin popular lantaran jalurnya yang cukup mudah sehingga dapat didaki oleh pemula sekalipun. Pendakian Gunung Prau sudah menjadi destinasi unggulan di daerah Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Jalur pendakian Gunung Prau Paling indah adalah naik melalui jalur Patak Banteng dan turun melalui jalur Dieng. Meski harus lintas jalur tetapi kamu bisa kembali ke basecamp awal dengan mudah karena tersedia ojek atau angkot.

Jalur pendakian Gunung Prau via Patak Banteng cocok untuk kamu yang baru pertama kali mendaki gunung karena jalur ini cukup pendek dan relatif cepat. Estimasi waktu pendakian Gunung Prau adalah sekitar 2 jam saja. Biaya administrasi untuk mendaki Gunung Prau adalah Rp15.000 saja. Biaya tersebut sudah termasuk fasilitas asuransi.

Baca Juga: Lowongan Kerja, PT Mass Rapid Transit ( MRT ) Jakarta Butuh Karyawan

Alasan mengapa kamu harus turun lewat jalur Dieng adalah karena kamu bisa menikmati indahnya perkebunan di dataran tinggi Dieng. Selain itu kamu juga bisa melihat Candi Arjuna dari ketinggian.

Namun satu hal yang harus kamu lakukan jika melakukan lintas jalur adalah kembali ke basecamp tempat kamu memulai pendakian. Di sana kamu wajib lapor ke petugas jika kamu sudah turun dengan selamat. Ini penting untuk memudahkan petugas memantau keselamatan para pendaki.

Terdapat beberapa spot foto favorit para pendaki di Gunung Prau yakni pada saat sunrise di puncak gunung yang berlatarkan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Selain itu padang sabana di Gunung Prau sangat terkenal keindahannya.

Baca Juga: Pepes Ayam Ungkep ala Chef Rudy Choirudin , Variasi Masakan Ayam yang Menggugah Selera, Ini Resepnya

Jika gunung ini adalah gunung pertama untuk kamu naiki maka kamu harus tau kapan kamu bisa aman untuk mendaki. Pasalnya meskipun tidak terlalu tinggi, gunung yang memiliki ketinggian 2565 mdpl ini memiliki suhu yang sangat ekstrim. Bahkan pada musim kemarau di daerah tersebut pernah terjadi embun yang berubah menjadi es.

Kondisi yang cukup ekstrim di Gunung Prau membuat kamu harus benar-benar menyiapkan fisik, mental, dan juga perbekalan. Jika kamu baru pertama kali mendaki gunung, sebaiknya kamu melakukan latihan kardio terlebih dahulu satu bulan sebelum mendaki.

Halaman:

Editor: Della Cahaya P.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X