• Jumat, 30 September 2022

Catat ! Berikut Ini Doa Peringatan 1 Suro, Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun di Awal Bulan Muharram

- Kamis, 28 Juli 2022 | 12:15 WIB
Berikut Ini Doa Peringatan 1 Suro, Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun di Awal Bulan Muharram  (Pixabay/mohamed_hassan)
Berikut Ini Doa Peringatan 1 Suro, Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun di Awal Bulan Muharram (Pixabay/mohamed_hassan)

koranmemo.com - Sebentar lagi kita akan memasuki tanggal 1 Muharram atau 1 Suro dalam penanggalan Jawa. Bulan Suro atau Muharram adalah bulan pertama dalam kalender hijriyah sehingga banyak yang memperingatinya dengan membaca doa akhir tahun dan  doa awal tahun pada 1 Muharram.

Bulan Muharram atau bulan Suro adalah bulan yang mulia, sehingga banyak di antara kaum muslimin yang menyambut bulan Muharram atau awal tahun ini dengan doa 1 Muharram dengan harapan di tahun selanjutnya mendapat kebaikan lebih banyak..

Doa awal tahun atau 1 Muharram sudah menjadi kebiasaan positif di lingkungan masyarakat kita. Biasanya doa 1 Muharram dibaca dan masuk dalam rangkaian agenda refleksi akhir tahun.

Baca Juga: Peringati 1 Suro, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Justru Ajak Masyarakat Gowes, Ada Hadiahnya Pula

Pelaksanaanya mayoritas di masjid besar, bahkan penyelenggaranya bukan hanya dari masyarakat umum namun juga didukung oleh pemerintah daerah setempat.

Lantas, bagaimana doa 1 Muharram atau awal tahun sekaligus akhir tahun ?

Dilansir dari laman @Islam.nu, Berikut ini doa wirid akhir tahun yang dibaca sebanyak 3 kali sebelum maghrib pada hari terakhir bulan Dzulhijjah.

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Baca Juga: Suhu Udara Dingin Selimuti Jawa Timur, Kota Batu Paling Dingin, Hanya 13 Derajat Celcius, Ini Keterangan BMKG

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Halaman:

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X