• Jumat, 30 September 2022

Doa Husnul Khotimah, Rutinkan Membaca Agar Jika Meninggal Dunia dalam Keadaan Islam dan Iman

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 09:07 WIB
Doa Husnul Khotimah, Rutinkan Membaca Agar Jika Meninggal Dunia dalam Keadaan Islam dan Iman
Doa Husnul Khotimah, Rutinkan Membaca Agar Jika Meninggal Dunia dalam Keadaan Islam dan Iman

koranmemo.com - Setiap muslim pasti menginginkan saat meninggal dunia dalam keadaan terbaik yakni dalam keadaan islam dan Iman. Untuk itu kita perlu istiqomah membaca doa husnul khotimah agar harapan tersebut tercapai.

Doa husnul khotimah saat kita meninggal dunia perlu dibaca sewaktu waktu utamanya setelah selesai sholat sebab ajal menjemput kita juga bisa sewaktu waktu dan dalam keadaan apapun.

Kita rutinkan membaca doa husnul Khotimah agar saat menjalani kehidupan sehari hari, ketika kita melakukan sebuah kebaikan itulah waktu Allah mengambil nyawa kita. Jangan sampai kita menjemput ajal ketika melakukan kemaksiatan.

Baca Juga: Dua Tahun Vakum, Lomba Baris Berbaris Kembali Digelar di Kediri

Dilansir dari laman @NU.or.id disebutkan bahwa dalam kitab Nashâihul ‘Ibâd, Syeikh Nawawi Al-Bantani memberikan penjelasan bahwa di antara sebab-sebab mendapatkan husnul khotimah adalah membiasakan untuk membaca doa berikut ini :

اللّهُمَّ أَكْرِمْ هٰذِهِ الْأُمَّةَ الْمُحَمَّدِيَّةَ بِجَمِيْلِ عَوَائِدِكَ فِى الدَّارَيْنِ إِكْرَامًا لِمَنْ جَعَلْتَهَا مِنْ أُمَّتِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya “Ya Allah, muliakanlah umat Nabi Muhammad dengan keindahan orang-orang yang kembali kepada-Mu di dunia dan akhirat, sebagai penghormatan-Mu kepada orang yang telah Engkau jadikan bagian dari umatnya.”

Baca Juga: 3 Wisata Cafe di Kediri yang Instagramable, Nongkrong Asyik Sambil Ditemani Indahnya Pemandangan Alam

Atau merutinkan bacaan di bawah ini setiap pertengahan antara shalat sunnah sebelum subuh dan shalat fardhu subuh:

اللّهُمَّ اغْفِرْ لِأُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ ارْحَمْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّد . اللّهُمَّ اسْتُرْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّد . اللّهُمَّ اجْبُرْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ أَصْلِحْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ عَافِ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ احْفَظْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اللّهُمَّ ارْحَمْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّد رَحْمَةً عَآمَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ . اللّهُمَّ اغْفِرْ لِأُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مَغْفِرَةً عَآمَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ . اللّهُمَّ فَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فَرْجًا عَاجِلًا يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Halaman:

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X