• Senin, 15 Agustus 2022

Pagelaran dan Bursa Keris, Wali Kota Kediri: Bisa Jadi Edukasi untuk Generasi Muda 

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 05:50 WIB
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar melihat keris yang dipamerkan di Kediri Town Square   (Bayu/Memo)
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar melihat keris yang dipamerkan di Kediri Town Square   (Bayu/Memo)

 

Kediri, koranmemo.com - Keris merupakan budaya dari nenek moyang yang perlu untuk dilestarikan.  Untuk itu acara pagelaran dan bursa keris ini bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat dan generasi muda untuk mempelajari keris

"Setidaknya generasi muda mengetahui keris ini bentuk teknologi yang dimiliki nenek moyang kita, yaitu metalurgi. Zaman dulu nenek moyang kita sudah bisa mengolah logam menjadi senjata pusaka," ujar Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, saat melihat keris yang dipamerkan di Kediri Town Square, Jumat (5/8).

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menjelaskan, keris ini adalah senjata nenek moyang serta budaya yang telah diakui oleh UNESCO pada tahun 2005 lalu. Keris memiliki bentuk yang unik di 

Baca Juga: Menyesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Pusat, Wali Kota Kediri Ajukan Dua Raperda

Sehingga ini lanjut Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar merupakan budaya yang perlu dilestarikan dan anak muda harus tau,  mulai  bagaimana bentuknya, warnanya, hingga cara pembuatannya.  

Sementara itu, Ketua Panji Joyoboyo Imam Mubarok mengatakan, ada sembilan paguyuban keris yang berpartisipasi dalam acara ini. Sembilan paguyuban ini berasal dari Kediri dan sekitarnya. 

Sembilan paguyuban ini berkolaborasi untuk mencapai Kediri Raya Nyawiji yang diwujudkan dalam kebudayaan, yaitu keris. Untuk peserta acara ini berasal dari berbagai kalangan dan daerah. 

Baca Juga: Pelantikan PAW Anggota DPRD, Wali Kota Kediri Tekankan Pentingnya Kolaborasi

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG Wilayah Semarang Sabtu 6 Agustus 2022, Cenderung Berawan dan Cerah

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kediri Bakal Punya Pakaian Adat Khas, Ini Bentuknya

Kamis, 3 Februari 2022 | 16:32 WIB
X