• Selasa, 6 Desember 2022

Rekomendasi Wisata Kebun Kopi di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi Pecinta Kopi

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 13:17 WIB
Perkebunan Kawisari, salah satu rekomendasi wisata Kebun Kopi yang ada di Jawa Timur
Perkebunan Kawisari, salah satu rekomendasi wisata Kebun Kopi yang ada di Jawa Timur

koranmemo.com - Rekomendasi wisata kebun kopi di Jawa Timur bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata yang asyik sekaligus mengedukasi.

Selain menyuguhkan beragam olahan kopi, rekomendasi wisata kebun kopi di Jawa Timur ini juga memberikan sarana edukasi, mulai dari pembibitan hingga pemrosesan biji kopi.

Diketahui, grafik ekspor kopi di Jawa Timur pada Januari – Juli 2022 mencapai angka 33.252 ton. Dengan meningkatnya komoditas kopi tersebut, tidak menutup kemungkinan rekomendasi wisata kebun kopi di Jawa Timur juga akan banyak digemari para wisatawan pecinta kopi

Dilansir dari twitter @JatimPemprov, berikut rekomendasi wisata kebun kopi di Jawa Timur yang perlu penikmat kopi ketahui.

Baca Juga: 3 Wisata Mata Air Populer di Kediri, Nuansa Asri dan Sejuk Bikin Nongkrong Makin Asyik

1Perkebunan Kopi Kawisari, Blitar

Wisata kebun kopi pertama berlokasi di Kabupaten Blitar, yaitu perkebunan kopi Kawisari yang beralamat di Jalan Kebon Sirih Nomor 77 (Kawisari Cafe & Eatery).

Perkebunan kopi seluas 850 hektar ini  merupakan perkebunan kopi tertua di Jawa Timur warisan peninggalan masa kolonial belanda. Saat ini perkebunan tersebut dikelola oleh warga setempat.

Saat berkunjung ke tempat wisata kebun kopi Kawisari, wisatawan akan mendapatkan edukasi pengolahan kopi, mulai dari pemetikan, hingga proses pengolahan biji kopi dengan menggunakan alat yang masih klasik.

Beberapa jenis kopi yang ditawarkan yakni kopi Robusta asli Afrika, Arabika, dan kopi Luwak. Selain itu, pengunjung juga akan menikmati makan siang yang disajikan oleh penduduk desa setempat seperti serabi, singkong goreng, dan aneka camilan tradisional lainnya.

Halaman:

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X