• Jumat, 30 September 2022

Doa Agar Terhindar dari Sifat Iri dan Dengki, Berikut ini Contoh dari Rasulullah SAW dan Penjelasannya

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 10:08 WIB
Doa Agar Terhindar dari Sifat Iri dan Dengki, ada contoh dari Rasulullah SAW  (pinterest/Milliyet)
Doa Agar Terhindar dari Sifat Iri dan Dengki, ada contoh dari Rasulullah SAW (pinterest/Milliyet)

koranmemo.com - Selain mempunyai penyakit fisik, manusia sesungguhnya juga mempunyai penyakit hati salah satunya adalah Iri dan dengki. Agar kita terhindar dari penyakit yang bisa merusak tatanan kehidupan ini kita harus rutin membaca doa agar terhindar dari sifat iri dan dengki.

Doa agar terhindar dari sifat iri dan dengki ini penting diamalkan karena seperti dilansir dari laman @Muslim.or.id, Imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayat Al Hidayah menuturkan bahwa iri dan dengki adalah salah satu dari tiga sifat hati yang sangat berbahaya,

Sifat iri dan dengki akan membawa pada kebinasaan diri dan penyebab dari sifat-sifat tercela lainnya, yaitu riya (pamer), dan ujub (angkuh, sombong atau berbangga diri).

Baca Juga: Menu Balado Telur, Hidangan Sederhana Rasa Spesial, Ini Resep dari Chef Rudy Choirudin

Sifat iri dan dengki merupakan masalah kejiwaan yang memiliki dampak luar biasa bagi kehidupan diri, lingkungan dan masyarakat. Banyaknya kasus perkelahian, percekcokan, dan adu fisik seringkali diakibatkan oleh munculnya sikap dengki.

Allah berfirman di dalam Al-Qur’an, dengan jelas menyebut sifat iri dan dengki adalah sikap sebagian ahli kitab terhadap Rasulullah SAW.

اَمْ يَحْسُدُوْنَ النَّاسَ عَلٰى مَآ اٰتٰىهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۚ

Artinya "Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) karena karunia yang telah diberikan Allah kepadanya ? "(QS: an-Nisa: 54)

Baca Juga: Doa menjenguk Orang Sakit, Amal Sholih yang Diajarkan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW mengingatkan agar kita menghindari penyakit hati ini:

Halaman:

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X