• Kamis, 8 Desember 2022

Kuliner Kediri, Sate Kreco, Dagingnya Kenyal, Rasanya Enak, Harganya Murah, Ini Lokasi Jualannya

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:50 WIB
Kuliner Kediri, Sate Kreco, Dagingnya Kenyal, Rasanya Enak, Harganya Murah (facebook/@kedirikuliner)
Kuliner Kediri, Sate Kreco, Dagingnya Kenyal, Rasanya Enak, Harganya Murah (facebook/@kedirikuliner)

koranmemo.com - Salah satu kuliner Kediri yang beda dan wajib dinikmati pengunjung atau wisatawan di Kediri adalah sate kreco. Kreco adalah sebutan siput sawah yang cangkangnya berwarna kuning.

Kenapa sate kreco atau siput sawah wajib dicoba bagi anda yang berkunjung ke Kediri ? Sebab kuliner Kediri yang khas ini akan sulit anda temui di daerah lain.

Kreco sebenarnya adalah hama tanaman padi. Namun oleh masyarakat Kediri kreco atau siput sawah dijadikan olahan masakan yang enak berupa sate kreco.

Baca Juga: Ayam Goreng Padang ala Chef Rudy Choirudin, Spesial Dengan Citarasa Gurih dan Nikmat, Ini Resepnya

Penjual sate kreco di Kota Kediri sangat jarang dan yang paling terkenal dan diketahui para pecinta kuliner adalah sate kreco Pak Dji. Ia mangkal di Jalan Hayam Wuruk Kota Kediri, tepat di sebelah timur penyeberangan rel kereta api.

Sate kreco olahan Pak Dji rasanya dijamin mantap, dinikmati dengan bumbu kacang dicampur kecap termasuk sambal bagi pelanggan yang suka selera pedas. Daging kreconya bertekstur lembut tapi kenyal sehingga sensasinya terasa beda.

Bukan hanya diolah menjadi sate, kreco atau siput sawah ini oleh Pak Dji juga dimasak dalam kuah yang sangat gurih. Cara makannya langsung disruput dari cangkangnya. Emhmhmh, sedaappp.

Baca Juga: Lowongan Kerja Dibuka PT. Angkasa Pura Solusi Integra, Butuh Karyawan Posisi Aviation Security, Ini Syaratnya

Sedangkan harga sate kreco cukup ramah di kantong, per 10 tusuk hanya Rp 5 ribu. Demikian juga masakan kreco kuah, per porsinya hanya Rp 5 ribu saja.

Kalau di wilayah Kabupaten Kediri, ada sentra penjual sate kreco, yakni di depan Gudang Bulog Sub Divre Kediri, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

Halaman:

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X