• Kamis, 8 Desember 2022

Akhir Pekan Tiba! Wisata Sekaligus Edukasi di Kebun Binatang Surabaya Bisa Jadi Pilihan

- Minggu, 11 September 2022 | 21:09 WIB
Kebun Binatang Surabaya jadi pilihan yang bagus untuk wisata edukasi
Kebun Binatang Surabaya jadi pilihan yang bagus untuk wisata edukasi
koranmemo.com - akhir pekan telah tiba, sudahkah kamu memiliki rencana liburan kali ini? Jika belum, mungkin kamu bisa mencoba wisata sambil edukasi mengenai satwa di Kebun Binatang Surabaya.
 
Kebun Binatang Surabaya dapat kamu jadikan referensi untuk wisata edukasi bersama keluarga maupun kerabat. Menjadi kebun binatang populer di Indonesia, koleksi satwa disini terbilang cukup lengkap.
 
Bahkan Kebun Binatang Surabaya ini pernah menjadi kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara dengan jumlah lebih dari 211 spesies satwa berbeda yang terdiri lebih dari 2.236 binatang mulai dari spesies Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces semua ada disini.
 
 
Berdiri sejak tahun 1918 di luas lahan 15 hektar, Kebun Binatang Surabaya bukan hanya sebagai tempat rekreasi semata melainkan juga tempat konservasi ex-situ atau sebagai tempat perlindungan satwa yang terancam punah di luar habitat alaminya. 
 
Untuk berwisata kesini pun kamu tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam, sebab tiket masuknya masih tergolong murah. 
 
Kamu cukup membayar Rp 15.000/orang, baik hari biasa maupun akhir pekan seperti ini. Bahkan untuk anak dibawah 85cm tidak dikenakan  biaya tiket masuk. Wah murah banget ya!
 
 
Meskipun harga tiketnya murah, fasilitas yang kamu dapatkan disini juga cukup beragam. Terlebih pihak pengelola terus melakukan improvisasi demi tercapainya visi misi dan tujuan dari kebun binatang ini.
 
Dilansir dari laman resmi surabayazoo, berikut visi misi PD. Taman Satwa KBS 
 
Konservasi
 
Sebagai lembaga konservasi ex-situ (untuk penangkaran satwa di luar habitatnya), KBS merupakan Benteng Terakhir dalam penyelamatan satwa yang terancam punah karena kerusakan habitatnya. 
 
 
Edukasi
 
Sebagai sarana pendidikan yang mengandung muatan pengembangan ilmu pengetahuan, KBS menanamkan rasa cinta dan peduli terhadap satwa, flora dan lingkungan sejak dini kepada masyarakat melalui berbagai program edukasi non formal. 
 
 
Riset & Penelitian
 
Sebagai sarana riset dan penelitian bagi para pakar konservasi tingkat nasional maupun internasional, dalam berbagai disiplin ilmu (kedokteran hewan, biologi, peternakan, pertanian dan pariwisata).
 
Rekreasi
 
Sebagai tujuan wisata alternatif yang layak dan terjangkau bagi masyarakat serta menawarkan pilihan rekreasi yang sehat dan menghibur untuk berbagai kalangan.
 
 
Jadi tidak heran ya jika kebun binatang ini banyak menjadi tujuan wisatawan saat berlibur di Surabaya.
 
Selain itu disini juga terdapat wahana lain, seperti The Adventure Aquanoctudio Park of Zoorabaya, Kolam Renang Anak, Animal Edutainment, dan Wisata Perahu.
 
Untuk bisa menikmati wahana lain itu, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk tambahan ya. Tapi tidak perlu khawatir, karena biayanya tentu masih tergolong aman di kantong.
 
 
Buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.000 WIB, dan lokasinya terletak di jantung Kota Surabaya yakni Jl. Setail No.1, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur. 
 
Apakah kamu tertarik menjadikan Kebun Binatang Surabaya sebagai tempat berwisata sekaligus edukasi di akhir pekan kali ini?***
 
Penulis: Greselia Amanda

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X