• Kamis, 8 Desember 2022

Anda Ingin Terhindar dari Fitnah Dajjal ? Baca Surah Al Kahfi, Ini Anjuran dari Rasulullah

- Senin, 12 September 2022 | 12:05 WIB
Keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat.
Keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat.

koranmemo.com - Banyak surah dalam Al Qur’an yang memiliki manfaat penting bila dibaca apalagi diamalkan. Salah satunya adalah surah Al Kahfi. Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk membaca surah Al Kahfi pada  hari Jumat karena bisa menghindarkan kita dari fitnah Dajjal. 

Karena membaca surah Al Kahfi pada  hari Jumat bisa menghindarkan kita dari fitnah dajjal  maka sangat disayangkan sekali bila umat muslim malas atau bahkan enggan membacanya.

Seperti dilansir dari laman @muslim.com, Dr. Muhammad Bakar Ismail dalam kitab Al Fiqh al Wadhih Minal Kitab wa al Sunnah menjelaskan bahwa membaca surah al Kahfi pada malam dan hari Jumat sangatlah dianjurkan. Namun membaca surah al Kahfi juga bisa dilakukan kapan saja selain hari jumat.
 
Baca Juga: Kualifikasi Piala AFC U-20 2023 Grup F Digelar di Gelora Bung Tomo Surabaya, Persiapan Sudah Matang

Kenapa dianjurkan pada hari Jumat ?  Karena dalam Islam hari Jumat merupakan hari baik bagi semua umat Islam.

Berikut ini penjelasan manfaat ataupun faedah membaca surah al Kahfi yang wajib kamu tahu :

1. Diampuni dosa oleh Allah SWT

Keutamaan yang pertama dari surah Al Kahfi adalah diampuninya dosa kita oleh Allah SWT. Sebaik-baiknya manusia adalah dia yang mau bertobat dan salah satunya adalah dengan membaca surah al Kahfi. Seperti yang disabdakan Rasulullah SAW, yang artinya :
 
Baca Juga: Geopark Ijen Banyuwangi Diperjuangkan Jadi UGG Lewat “The 7th Asia Pasific Geopark Network Symposium”

“barangsiapa yang membaca surah al kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.” ( HR Abu Said Al Khudri )

2.      Mendapat Ridho dari Allah SWT

Siapa yang tidak mengharapkan ridho dari Allah SWT ? Tentunya setiap manusia menginginkan ridho dari Allah. Karena dengan mendapatkan ridho, hidup akan menjadi lebih berkah dan semakin tentram.

Surah al Kahfi mampu mendekatkan kita pada ridho Allah SWT dan juga mampu membantu kita mendapat cahaya berkah dan menghilangkan penyebab hati menjadi gelisah.
 
Baca Juga: Rasulullah Tidak Menganjurkan Khusus Membaca Surah Yasin di Malam Nisfu Sya'ban, Ini Penjelasan Buya Yahya

Rasulullah bersabda, “siapa yang membaca surah al kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala sampai kakinya,dan siapa yang membaca seluruhnya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” ( HR Ahmad )

3.      Dijaga dari Gangguan Setan

Salah satu cara agar terhindar dari godaan setan adalah dengan mendekatkan diri pada Allah dengan membaca dan mengamalkan Al Qur'an dan surah al Kahfi masuk didalamnya. 
 
Seperti yang kita tahu, setan merupakan musuh terbesar dari manusia. Dalam setiap kesempatan setan akan berusaha untuk menggoda manusia agar terjerumus ke dalam lubang kemaksiatan.
 
Baca Juga: Mengenal Surah Ath Thalaq Ayat 2 - 3, Ayat Seribu Dinar Agar Hidupmu Berkecukupan

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang yang selalu dibacakan surah Al kahfi dan Al Baqarah, rumahnya akan tenang dan setan tidak akan berani masuk kedalam rumah itu sepanjang malam.

4.      Disinari Cahaya Kebaikan

Telah disebutkan dalam hadits diatas bahwa barangsiapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari jumat atau hari yang lain, Allah akan memberikan pahala dan ganjaran serta disinari oleh cahaya kebaikan dan diberkahi syafaat kelak di hari pembalasan seperti dalam keutaman surah Ar Rahman.

Allah akan memberikan cahaya tersebut pada makhluknya kelak di hari kiamat dan cahaya itu akan memancar dari kedua telapak tangan juga kakinya hingga sampai langit.  Allah berfirman dalam surah Al Hadid ayat 12.

يَوْمَ تَرَى ٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ يَسْعَىٰ نُورُهُم بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَٰنِهِم بُشْرَىٰكُمُ ٱلْيَوْمَ جَنَّٰتٌ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَا ۚ ذَٰلِكَ هُوَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِيمُ

“pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.”

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Sa'id al Khuduri

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“ Barangsiapa membaca surah al Kahfi pada malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

5.      Menghindarkan Diri dari Fitnah Dajjal

Umat islam yang membaca surah al Kahfi pada hari jum’at akan dihindarkan dari fitnah Dajjal. Bahkan Rasulullah sampai bersabda bahwa barangsiapa yang rutin membaca surat al Kahfi dan tidak hanya pada hari jumat saja, maka akan dihindarkan dari fitnah Dajjal yang keji.

Fitnah Dajjal sangatlah  kejam dan dapat membawa pada kesesatan juga siksa neraka Jahannam. Dengan membaca dengan rutin dan mengamalkan surah al Kahfi kita akan terhindar dari fitnah Dajjal. Seperti yang telah diriwayatkan dalam hadits, yang artinya :

“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.” (HR Muslim)

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR Muslim)

“Barang siapa diantara kalian yang mendaoatinya (dajjal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka surah Al-Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (dajjal tersebut).” (HR. Abu Daud).

Setelah mengetahui keutamaan membaca surah Al Kahfi, mari kita lakukan amalan ini dengan rutin dan ikhlas.***
 
Penulis : Siti Ani Sukmawati

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X