• Kamis, 8 Desember 2022

Bila Anda Berkunjung ke Jawa Tengah Wajib Mampir ke Kota Kudus, Ini Rekomendasi Wisata yang Dijamin Asyik

- Kamis, 15 September 2022 | 14:41 WIB
menara kudus (instagram @/van.chariel)
menara kudus (instagram @/van.chariel)

koranmemo.com – Siapa yang tidak tahu Kota Kudus ? Salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Tengah ini merupakan pusat penyebaran Islam oleh Sunan Kudus. Selain itu, Kota Kudus juga mempunyai  destinasi wisata yang menarik.

Bila kamu sedang berada di Jawa Tengah untuk liburan, maka wajib untuk mampir ke Kota Kudus ini. Karena Kota  Kudus banyak sekali menawarkan tempat yang bisa dijadikan sasaran berwisata dan cocok dikunjungi bersama dengan teman dan keluarga.

Bukan cuma tempat wisata di Kota Kudus saja yang wajib kamu kunjungi, tapi juga oleh-oleh yang harus kamu bawa saat pulang.

Wisata apa saja yang wajib kamu kunjungi saat berada di Kota Kudus, dan oleh-oleh apa yang harus dibawa pulang ?

Baca Juga: Pemuda di Madiun yang Dituduh Hacker Bjorka, Ternyata Ini Profesinya

Berikut ini rekomendasi wisata di Kota Kudus dihimpun dari berbagai sumber :

1. Menara Kudus

Rekomendasi wisata yang pertama adalah Menara Kudus. Menara yang terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, jawa Tengah ini merupakan tempat yang dijadikan sebagai tempat peristirahatan terakhir dari Sunan Kudus.

Bangunan menara terbuat dari tumpukan batu bata yang beratap kayu dengan bentuk limas dan di bagian dindingnya terdapat beberapa piring logam yang ditempelkan. Menurut masyarakat dan cerita yang beredar, piring-piring tersebut berasal dari China.

Di sebelah menara juga terdapat masjid yang biasa digunakan sebagai tempat sholat dan beristirahat bagi para peziarah yang datang untuk berziarah ke makam Sunan Kudus. Disini kamu bisa menikmati wisata religi juga.

Baca Juga: Cari Tahu, Apakah Kamu Cocok atau Tidak dengan Pasanganmu, Gunakan Hitungan Weton Jawa, Ini Caranya  

Untuk yang suka berfoto, lokasi depan menara sangat cocok dijadikan background foto. Apalagi jika foto dilakukan dimalam hari.

Selain itu kota Kudus dikenal oleh masyarakat dengan julukan kota santri. Hal ini dikarenakan Kudus merupakan pusat pondok pesantren yang berada di Jawa Tengah. Karena jika kita berkunjung ke sana akan sering kita jumpai pondok pesantren salaf dan modern juga kita akan mendapati para santri putra berlalu lalang.

2. Museum Kretek kudus

Bagi yang penasaran kenapa Kudus bisa dijuluki kota Kretek, maka kamu wajib datang ke Museum Kretek Kudus. Museum yang berlokasi di Desa getas Pejaten, Kecamatan Jati Kudus ini akan menjawab pertanyaan kamu.

Baca Juga: Kenapa Harus Ada Hitungan Weton Bagi Calon Pengantin dalam Tradisi Jawa ? Begini Penjelasannya

Dalam museum ini, akan dijelaskan kenapa Kudus mendapatkan julukan tadi. Kamu juga  akan melihat berbagai macam peralatan yang digunakan pada zaman dahulu dalam proses pembuatan rokok.

3. Wisata Colo Kudus

Yang ingin menikmati wisata alam yang asri, tempat wisata Colo bisa kamu coba saat di Kudus. Kawasan wisata ini merupakan tempat wisata yang sangat sayang jika kamu lewatkan.

Hampir sama dengan kawasan wisata Bopeng yang berada di Magelang, kawasan Colo juga tidak kalah indah. Kawasan Colo menyuguhkan panorama pemandangan pegunungan yang asri, sejuk, indah, dan sangat menenangkan. Disini juga terdapat makam Sunan Muria yang berada di puncak pegunungan.

Baca Juga: Yuk ! Nikmati Wisata Religi di Kota Wali Demak Jawa Tengah, Ini Daftar Tempat-tempatnya

Wisata yang terdapat di Desa Colo, Kecamatan Dawe Kudus ini cocok untuk dijadikan tempat swafoto bagi kamu yang suka dengan nuansa alam.

4.  Air Terjun Montel Kudus

Bagi yang ingin melihat air terjun, air terjun montel Kudus bisa kamu kunjungi. Air terjun ini masih berada dalam kawasan Colo hanya berbeda desa saja dengan kawasan wisata Colo.

Terletak di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus jawa Tengah dan lebih tepatnya berada di sebelah utara makam Sunan Muria Ini menawarkan suasana alam yang sejuk dan indah.

Disini para pengunjung bisa menikmati segarnya air terjun yang jatuh langsung dari ketinggian, tentu airnya juga bisa langsung diminum bersih dan segar. Fasilitas wisata ini cukup memadai dan harga tiket masuk untuk setiap orang adalah Rp. 5.000

5. Menara Pisang


Setelah tadi ada Menara Kudus, ternyata Kudus juga punya menara baru yaitu Menara Pisang. Menara ini terletak di Dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar, Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus ini menawarkan pemandangan yang indah dari ketinggian.

Disini kita juga bisa menikmati wahana outbound yang mampu membuat hari libur menjadi seru bersama keluarga dan teman.

Bukan hanya itu saja, bagi kamu yang suka pergi berkemah, Menara Pisang ini berada di lokasi Perkemahan Taman Sardi. Jadi selain menikmati pemandangan dan outbound, kamu juga bisa berkemah disini.

6.  Oleh-oleh Kudus

Setelah jalan-jalan kurang lengkap rasanya jika pulang tidak membawa pulang buah tangan atau oleh-oleh khas Kudus. Ada beberapa kuliner khas Kudus yang bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh. 
 
Diantaranya, jenang kudus, intip ketan, rengginang kudus, dan keripik pakis. Oleh-oleh ini dapat kamu temukan di setiap jalan kota Kudus.

Itu dia beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat sedang berada di Kudus Jawa Tengah. Mana yang ingin kamu kunjungi lebih dulu ?

Penulis : Siti Ani Sukmawati

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X